Cara Membuat Siswa Lebih Aktif dalam Bertanya
10:54
Mungkin saja semua guru kelas pernah mengalami kendala ini. Dimana dalam sebuah kelas hanya ada beberapa siswa saja yang aktif bertanya. Sisanya hanya diam membisu. Ketidak mauan siswa bertanya mengandung beberapa dugaan yang muncul dalam diri kita. Apakah siswa sudah mengerti apa yang kita sampaikan, atau siswa tidak memiliki suatu kemampuan untuk bertanya dalam belajar.
Kemampuan bertanya pada siswa harus selalu dilatih. Dengan memiliki kemampuan bertanya menandakan bahwa siswa tersebut memiliki pola pikir yang kritis. Kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan tidak muncul begitu saja. Guru berperan pentig untuk menumbuhkan kemampuan siswa di dalam mengajukan pertanyaan.
Banyak cara yang bisa dilakukan guru dalam meningkatkan kemampun bertanya siswa, diantaranya :
1Bermain tebak benda
Kemampuan bertanya pada siswa harus selalu dilatih. Dengan memiliki kemampuan bertanya menandakan bahwa siswa tersebut memiliki pola pikir yang kritis. Kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan tidak muncul begitu saja. Guru berperan pentig untuk menumbuhkan kemampuan siswa di dalam mengajukan pertanyaan.
Banyak cara yang bisa dilakukan guru dalam meningkatkan kemampun bertanya siswa, diantaranya :
1Bermain tebak benda
Dalam permainan ini guru berusaha menyembunyikan sebuah benda. Misalnya benda itu adalah gelas. Guru menutup benda tersebut diatas meja guru tanpa sepengetahuan siswa. Kemudian guru meminta mengajukan pertnyaan terkait dengan benda tersebut sebelum menebak bendanya. Maka mulailah siswa menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan benda tersebut. Ketika siswa bertanya guru hanya menjawab bisa ya bisa tidak sebelum siswa menarik kesimpulan dari benda yang ada di atas meja tersebut. Biarkan siswa menyampaikan berbagai pertanyaan, asalkan belum mengarah kepada pertanyaan "Apakah benda itu gelas? "
Dengan melatih siswa demikian maka akan muncul rasa keingintahuan mereka dan kemampuan analsis dari siswa.