Download Panduan Pelaksanaan PTK Tingkat Satuan Pendidikan Tahun 2016


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam memperbaiki pembelajaran yang dirasakannya. PTK berawal dari adanya masalah yang dialami guru di kelas. Guru melakukan refleksi sebelumnya untuk menemukan dimana letak kekurangan pembelajaran yang telah ia laksanakan. Apa yang menghambat pembelajaran itu? Apakah saya sudah melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perencanaan? dan Apakah saya sudah menggunakan media di dalam pembelajaran? Itulah beberapa contoh yang direnungi guru di akhir pembelajaran yang telah ia laksanakan.

Dari bahan refleksi tersebut maka guru akan merencanakan kegiatan perbaikan tersebut. Metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru sedikit berbeda dengan pembelajaran seperti biasa yang dilakukan. Perbaikan pembelajaran melalui penelitian yang dilakukan guru, tidak hanya akan memberikan dampak terhadap kesuksesan pembelajaran yang dilaksanakan, tetapi juga akan meningkatkan keprofesionalisme'an guru. Menjadi guru yang profeional tentunya mampu menemukan kelemahan dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan dan mampu melakukan perbaikan kelemahan tersebut.

Dalam PTK yang dilakukan oleh guru tidak berlangsung begitu saja tanpa adanya perencanaan dan pelibatan teman sejawat di dalam melaksanakannya. Demikian pula dalam penyusunan perencanaan, proses, hingga penyusunan laporan PTK memerlukan adanya panduan agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan laporan bisa disusun dengan baik dan sesuai dengan kaidah.

Kali ini kami akan membagikan sebuah buku Panduan Pelaksanaan PTK Tingkat satuan pendidikan tahun 2016. Dalam buku panduan tersebut termuat beberapa hal diantaranya :

  1. Ketentuan Dasar Penelitian Tindakan Kelas
  2. Topik Penelitian Tindakan Kelas
  3. Sistematika Penulisan Proposal PTK
  4. Prosedur Pelaksanaan Program
  5. dan lain lain
Untuk selengkapnya Bapak/Ibu bisa mendownload buku panduan PTK tersebut pada tautan dibawah ini. Informasi ini bersumber dari gurugaleri.


Demikian infomari yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini ada manfaatnya bagi kita semua. Jangan lupa bagikan dengan rekan guru lainnya. Wasalam !!!!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel