Download Soal Beserta Pembahasan Trayout Ujian Sekolah Matematika SD/MI Tahun 2016

Download trayout ujian sekolah matematika SD/MI tahun 2016 -  Seperti yang sudah kita ketahui ujian akhir di sekolah dasar dikenal dengan sebutan ujian sekolah. Ujian sekolah di sekolah dasar sebagai besar soal-soalnya di susun di provinsi masing-masing dengan mangacu pada kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Kemdikbud. 

Ujian sekolah di sekolah dasar meliputi tiga mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika.  Ujian matematika kali ini masih sama seperti tahun lalu. Lembar jawaban komputer masih digunakan. Hal itu berarti siswa harus lebih berhati-hati lagi di dalam pengerjaannya. Identitas siswa merupakan hal yang paling utama yang harus diperhatikan bagi para siswa. Nama, tempat tanggal lahir, mata pelajaran yang diujikan, dan serta di bubuhi tanda tangan dari peserta ujian. Tanda tangan yang dibubuhkan jangan sampai melebihi kotak yang sudah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara ujian. 

Ujian sekolah mata palajaran matematika terkadang dijadikan momok oleh para guru dan peserta didik. Guru mengganggap sebagai sebuah momok mungkin dikarenakan guru tersebut mengetahui sejauh mana kemampuan siswa mereka. Meskipun sudah dilakukan pembinaan secara rutiin menjelang ujian sekolah. Namun, tidak jarang kadang kala mata pelajaran ini banyak siswa yang memperoleh nilai sangat kurang. Siswa yang merasa sedikit takut menghadapi ujian ini mungkin disebabkan karena kurangnya jam belajar dan jam latihan bagi siswa tersebut. Entah itu di sekolah maupun di rumah.

Untuk mempersiapkan kepercayaan diri siswa tersebut, sudah menjadi tugas para guru kelas, kepala sekolah dan orang tua siswa untuk mempersiapkan siswa dan putra-putrinya untuk mantap mengerjakan tugas dari guru. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh para guru dan orang tua di rumah untuk mempersiapkan siswa agar sukses menghadapi ujian sekolah.

Dari sisi orang tua di rumah yang kurang mendapat perhatian apalagi disebabkan oleh kesibukan orang tua untuk bekerja. Orang tua bisa memberikan dengan mendampingi putra-putri anda untuk belajar. Anda bisa mencarikan soal-soal latihan di media online. Salah satunya di blog ini Harian Keguruan. 

Para guru bisa mempersiapkan siswa melalui pemberian jam pelajaran tambahan atau dengan pembahasan soal-soal tes tray out. Guru bisa memanfaatkan media online untuk mencari informasi dengan mudah dan murah, tentunya dibutuhkan kejelian guru dalam menemukan segala informasi di media online. 

Kali ini Harian Keguruan akan membagikan contoh soal tray out yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi bank soal anda. Adapun beberapa contoh soal Matematika untuk kelas 6 adalah sebagai berikut :

1.      Hasil dari 12.304 – 286 + 4.786 adalah….
A.    16.804
B.     12.018
C.     6946
D.    5072

2.      Hasil dari 288 : 24 x 8 adalah ….
A.    12
B.     36
C.     96
D.    864

3.      Hasil dari 218 + (-23) - 112 adalah….
A.    83
B.     129
C.     307
D.    353

23. Diketahui jari-jari sebuah lingkaran 20 cm. maka keliling lingkaran tersebut adalah….cm.
A. 1256
B. 125,6
C. 628
D. 62,8

24. Sebuah segitiga memiliki alas 16 dm dan tinggi 15 dm. Luas segitiga tersebut adalah….dm
A. 120
B. 240
C. 1200
D. 24000

bila anda berminat dan ingin memperoleh soal selengkapnya, bisa anda download dengan mengikuti tautan di bawah ini


Soal ini bersumber dari situs webpendidikan.com. Tim Harian Keguruan melakukan penambahan dan editing seperlunya agar menambah kelengkapan dari soal-soal tersebut. Semoga bermanfaat wasalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel