Masih Saja Ada Anak yang Ngantuk Saat Belajar di Kelas

Masih saja ada anak yang ngantuk saat belajar di kelas - sebagaian besar pembelajaran di sekolah di Indonesia dilangsungkan di dalam kelas. Meskipun kadang juga para guru mengajak siswanya untuk belajar di alam terbuka. Tentunya dengan tujuan dan harapan tertentu.

Siswa sekolah dasar merupakan siswa yang berada dalam tahapan lingkungan bermain. Sehingga dalam kegiatan belajar yang dilaksanakan para guru tentunya tidak selalu berjalan mulus. Ada saja kendala yang dihadapi oleh guru. Mulai dari anak yang bolos sekolah, jarang masuk sekolah dengan alasan segudang bahkan sampai menjajagi ke rumah siswa dan mengajak orang tua bekerja sama untuk memberikan suport dan pengawasan kepada anaknya agar bisa masuk sekolah dengan rajin. 

Ketiduran saat belajar di kelas mungkin pernah dialami oleh siswa anda. Melihat keadaan itu mungkin sebagian dari kita sebagai guru akan memarahi anak tersebut. Ada juga yang memberikan pertanyaan yang tak diduga oleh siswa tersebut sampai siswa itu tersentak dan bangun dari tidurnya. Bahkan tidak jarang mungkin ada guru yang menyuruh anak tersebut untuk meninggalkan kelas.

Permasalahan siswa tertidur di ketika belajar di kelas tidak mutlak karena kesalahan siswa itu sendiri. Mari kita mulai melihat ke dalam dan mengoreksi apakah pembelajaran yang sudah dilaksanakan berjalan dengan baik? Kali ini kami akan menyampaikan beberapa hal yang kadang membuat siswa secara tidak sadar tertidur di dalam kelas. Apa saja hal itu? mari kita bahas satu persatu di bawah ini.


1. Guru lebih sering berceramah saat mengajar
Setiap guru memiliki metode tersendiri di dalam mengajar. Tidak ada metode yang baik dari sederet metode yang ada. Namun, metode yang tepat harus digunakan guru di dalam mengajar. Mengkolaborasikan metode di dalam pembelajaran akan memberikan suasana yang berbeda dari siswa di dalam belajar. 

Dengan situasi belajar yang menarik maka siswa akan lebih termotivasi untuk belajar. Tentunya siswa pun tidak akan mudah bosan dalam belajar dan pasti mereka akan jarang mengantuk di dalam belajar.

2. Situasi kelas yang kurang menarik
Sebagian besar pembelajaran di sekolah dilangsungkan di dalam kelas. Walaupun mungkin ada beberapa sekolah yang melaksanakan pembelajaran di luar kelas. Kelas yang kurang menarik dan tidak dihiasi dengan pernak-pernik yang beraneka ragam tentunya akan kurang merangsang perhatian siswa untuk betah belajar di kelas.

3. Guru kurang memberikan humor dalam belajar
Kadang kala belajar tidak harus serius sekali apa lagi dalam kondisi tegang. Berikanlah siswa anda semacam ice breaker sehingga mereka akan lebih bergembira di dalam belajar. Suasana yang penuh dengan kegembiraan tentunya akan memberikan pengaruh yang baik bagi prestasi belajar. Dimana apa yang disampaikan dan apa yang ditugaskan oleh guru akan lebih dipahami dengan baik.

4. Berikan penguatan kepada siswa
Ketika siswa anda dapat melakukan tugas dengan baik maka hargailah apa yang sudah mereka lakukan. Penguatan yang bisa anda berikan dengan senyuman, ucapan bahwa ia adalah siswa yang hebat ataupun bisa anda berikan sebuah benda yang memiliki nilai pendidikan.

Demikian sedikit ulasan tentang kejadian unik yang seriang dialami di saat pembelajaran di kelas. Semua itu bisa kita minimalisir dengan mematangkan segala persiapan pembelajaran yang akan kita laksanakan. Semoga tulisan ini bermanfaat.... Wasalam...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel