Tips Bagi Guru dalam Membelajarkan Siswa Tentang Pengolahan Data Agar Lebih Menarik dan Menyenangkan

Materi tentang pengolahan data pada pembelajaran di  kurikulum 2013 disampaikan ke peserta didik pada semester II.  

Pengumpulan dan pengolahan data yang dipelajari  pada tahapan ini adalah pembelajaran pada tahap pengolahan data dalam jenjang yang masih sederhana. 

Dimana siswa   dibelajarkan bagaimana cara mengumpulkan data dengan berbagai teknik pengumpulan. Kemudian lanjut dengan penyajian data tersebut.  



Seperti kita ketahui bersama, siswa sekolah dasar merupakan anak-anak yang haus akan kegiatan fisik. 

Dimana mereka akan selalu menginginkan kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. 

Anda sebagai guru tentu menginginkan kegiatan pembelajaran yang anda ampu menjadi kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. 

Akan muncul di dalam benak anda. Bagaimana menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan? Apalagi dalam pembelajaran pengumpulan dan pengolahan data. 

Pada artikel kali ini, HARIAN KEGURUAN akan memberikan anda sebuah tips bagaimana menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan khususnya untuk pembelajaran pengumpulan dan penyajian data. 

Oke langsung saja berikut ini langkah-langkahnya.  👌

1. Mulai pembelajaran dengan memperlihatkan sebuah data. Misalnya data tentang jumlah penduduk di  suatu desa, bisa juga daya tentang perkembangan berat badan kegiatan posyandu. 

2. Lakukan tanya jawab bersama peserta didik tentang pengalaman mereka dalam membaca informasi, khususnya data. Misalnya data tentang jumlah penduduk di masing-masing dusun yang ada di kantor kepala desa, atau tempat lainnya.

3. Guru juga bisa memperlihatkan data tertentu yang diperoleh melalui internet.

4. Berikan kesempatan kepada siswa untuk membaca informasi tentang apa itu data dan bagaimana cara memperolehnya.

5. Lakukan tanya jawab kepada siswa jika mereka diminta mencari data jumlah siswa laki-laki dan perempauan di kelas 5, bagaimana mereka akan mengumpulkan data tersebut.

6. Berikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan mencari data tersebut.

7. Setelah siswa dirasa sudah mampu menemukan data tentang jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin, maka langkah selanjutnya adalah siswa dibelajarkan untuk menentukan data apa yang ingin diketahui dari teman-temannya di kelas 5.

misalnya siswa akan mencari data ukuran sepatu siswa kelas 5, makanan favorit siswa kelas 5, hobi, cita-cita dan data lainnya.

8. Siswa diberikan kesempatan untuk mencari data tersebut. Berikan mereka kebebasan mengenai teknik yang akan digunakan dalam menemukan data tersebut. Misalnya dengan teknik bertanya langsung, isian singkat.

9. Setelah siswa selesai menemukan data-data tersebut, ajaklah mereka untuk membuat tabel frekuensi dari data yang telah berhasil mereka temukan.

10. Lakukan bimbingan menyajikan data dalam bentuk diagram batang.

11. Gunakan data yang berhasil mereka temukan untuk selanjutnya diubah menjadi diagram batang.

12. Selanjutnya berikan penguatan atas keberhasilan yang telah siswa capai.

13. Berikan kesempatan kembali kepada siswa untuk mencari dan menemukan data yang ingin mereka ketahui di lingkungan sekiatarnya.


Demikian langkah tips dalam membelajarkan Siswa Tentang Pengoalahan Data Agar Lebih Menarik dan Menyenangkan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik.

Salam Guru Hebat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel