Pentingnya Memberikan Pertanyaan Terbuka Kepada Siswa
20:08
Ulangan harian merupakan salah satu evaluasi yang dilakukan
guru, untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Ulangan harian pun dilakukan secara berkala oleh guru. Mulai dari setiap
seminggu sekali, sebulan sekali atau setelah satu Kompetensi Dasar
Terselesaikan. Itu semua kembali kepada program pengajaran yang kita susun.
Bila satu KD baru selesai pada satu bulan maka kita akan mengevaluasi satu
bulan terakhir, sebaliknya bila mampu menyelesaikan dalam satu minggu dan
dipandang perlu untuk mengevaluasi siswa, maka guru pun akan melakukan evaluasi
tersebut.
Mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran, juga bisa dilakukan saat pembelajaran itu berlangsung. Guru bisa
menguji kemampuan siswa dengan memberikan sederetan pertanyaan secara langsung
saat proses pembelajaran. Pertanyaan yang diajukan harus sesuai dengan materi
yang sedang dibahas atau ada keterkaitan dengan materi pembelajaran. Dengan
tanya jawab seperti ini maka akan merangsang keaktifan siswa dan kemampuan
siswa untuk berpikir kritis. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan aktivitas
ini adalah kemampuan guru dalam memberikan pertanyaan dan umpan balik bagi
siswa.
Pertanyaan yang diberikan guru selama ini kebanyakan hanya
menjurus ke satu hal. Ini perlu menjadi perhatian guru bila ingin menjadikan
siswanya sebagai seorang yang mampu berpikir kritis. membuat pertanyaan yang
hanya memberikan satu jalan penyelesaian kadang membuat siswa yang kreatif
menjadi terkungkung pola pikirnya. Banyak kasus seperti ini terjadi, karena
siswa tidak tahu jawaban yang sebenarnya, mereka menjadi anak yang dikatakan
termasuk anak yang lambat. Pertanyaan tertutup ini hanya bersifat hapalan dan
hanya sebatas ingatan saja, bukan memberikan kebebasan kepada siswa untuk
menemukan jalan keluar dari berbagai sisi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.
Pertanyaan terbuka memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memahami bahwa menghadapi suatu permasalah dapat diatasi dengan berbagai jalan
keluar. Jalan keluar yang bisa dicari dari berbagai sisi. Dengan pertanyaan
terbuka yang diberikan ketika pembelajaran berlangsung juga mampu memotivasi
siswa untuk senantiasa berpikir dan bukan menjadi anak yang pasif.
Mungkin sedikit ada kebingungan di kalangan para pendidik bagaimana memberikan pertanyaan terbuka pada setiap kegiatan pembelajaran, sebab apa yang sudah tersusun dalam tujuan pembelajaran sudah dengan jelas mengarah kepada jawaban yang menuntut jawabannya adalah itu atau ini dan lain sebagainya.
Selama ini guru lebih sering memjelaskan materi pelajaran. Mungkin karena metode ceramah tersebut dipandang paling mudah dan murah. Anak lebih banyak duduk dan mendengarkan penjelasan guru. Dan ketika guru mengajukan sebuah pertanyaan maka anak akan diam seribu bahasa. Kalupun ada siswa yang bertanya itupun hanya siswa yang memiliki kemampuan lebih dari teman-temannya.
Berbeda dengan di negara Finlandia yang memberikan siswanya untuk melihat buku ketika menjawab soal ulangan. Hal ini karena guru sudah terbiasa memberikan jawaban terbuka pada setiap kegiatan pembelajaran. Hal ini seperti yang diulas oleh Pusawi Adijaya , Kompasiana.
Dengen memberikan pertanyaan terbuka dapat melatih siswa untuk selalu berpikir mencari sebuah penyelesaian dari berbagai sumber. Pertanyaan terbuka juga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dan tidak hanya sebagai seorang yang menerima. Melalui pertanyaan terbuka maka interaksi dalam pembelajaran tidak hanya satu arah, guru sebagai pemberi dan siswa sebagai penerima. Tetapi dapat mewujudkan interaksi multi arah. Inilah harapan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebaiknya.
Demikian informasi tentang pentingnya memberikan pertanyaan terbuka kepada siswa, harapan kami semoga tulisan ini menginspirasi kita semua sebagai Guru Kelas Sekolah Dasar. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wasalam !!!!