Alat-Alat Sesuai Prinsip Pesawat Sederhana

Alat-alat sesuai prinsip pesawat sederhana -  Pesawat sederhana merupakan jenis alat yang digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Pesawat sederhana memberikan kemudahan bagi manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari kegiatan menyapu, mencongkel paku, mendorong kereta sorong. Jadinya pesawat sederhana sudah kita gunakan setiap hari. 

Pesawat sederhana materi pelajaran yang sudah diberikan di kelas 5. Dalam pembelajaran pesawat sederhana di kelas 5, dikelompokkan menjadi 4 jenis pesawat sederhana. Pesawat jenis tuas, kantrol, bidang miring dan roda berporos. Empat jenis pesawat sederhana tersebut akan kita bahas secara sederhana berikut ini.

Pesawat sederhana jenis tuas
Mungkin anda sudah sering melihar permainan jungkat-jungkit.  Nah jenis permainan tersebut masuk kedalam jenis tuas. Di dalam tuas bisa dilihat tiga hal penting di dalamnya yaitu, titik tumpu, kuasa dan beban. Masing jenis pesawat tuas ini memiliki letak titik tumpu yang berbeda. Berbedanya letak titik tumpu tersebut menyebabkan tuas dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu ; tuas jenis ke 1, tuas jenis ke-2 dan tuas jenis ke-3 . Alat yang masuk kedalam tuas jenis ke-1 seperti : mainan jungkat-jungkit, gunting, dan timbangan. 
Alat yang termasuk kedalam tuas jenis ke-2 seperti : pemotong kertas, gerobak sorong roda satu, dan pemotong kertas. Sedangkan alat yang termasuk kedalam tuas golongan ke-3 seperti : sapu, sekop, dan penjepit makanan.

Pesawat Sederhana Jenis Katrol
Pesawat yang satu ini mungkin sudah sering kita jumpai. Misalnya pada tiang bendera atau ketika tukang bangunan yang bekerja untuk memindahkan barang dari bawah ke atas. Katrol merupakan jenis pesawat sederhana yang berupa roda dan dapat berputar pada porosnya. Jenis katrol pul ada bermacam-macam, mulai dari jenis katrol tetap, katrol bebas, katrol majemuk dan blok katrol. Yang paling sering digunakan oleh masyarakat sehari-hari adalah jenis katrol tetap. Ini dapat anda lihat pada sumur timba di rumah anda, atau tetangga anda. 

Pesawat Sederhana Jenis Bidang Miring
Jenis ini menggunakan suatu bidang miring untuk memudahkan pekerjaan. Misalnya saat memindahkan drum ke atas mobil pick up. Dengan menggunakan pemukaan yang miring kita akan dengan mudah mengangkat benda tersebut. Selain itu bidang miring juga digunakan pada jalan di pegunungan yang dibuat berkelok-kelol. Tujuannya adalah untuk mempermudahkan kita menaiki bukit tersebut. Bidang miring juga digunakan pada permukaan sekrup. Anda lihat kan sekrup permukaannya pasti berulir. Nah, itulah salah satu penerapan bidang miring.

Roda Berporos
Pesawat sederhana yang satu ini adalah, jenis benda yang beroda. Dengan benda yang beroda akan mempermudahkan kita memindahkan bemda tersebut. Lihat saja kopor yang sering ada bawa atau kursi roda dan sepatu roda. Mudah dan cepat kan bila kita menggunakan benda tersebut. 

Pada umumnya, soal IPA fisika prinsip kerja pesawat sederhana berbentuk pilihan ganda kategori mengidentifikasi atau pengenalan. Mari kita lihat contoh soal yang lazim diperuntukkan buat siswa;

Contoh Soal
Kelompok alat berikut ini yang bekerja berdasarkan prinsip kerja tuas adalah…

A.gerobak dorong, tangga, baji
B.derek, tangga, pembuka paku
C.sekrup, tangga, baji
D.gerobak dorong, gunting, tang

Pembahasan soal
Alat yang bekerja dengan prinsip tuas memiliki titik tumpu tertentu, di dekat beban atau di tengah beban tuas. 

A.gerobak dorong(tuas), tangga (bidang miring), baji (bidang miring)

B.derek (katrol), tangga (bidang miring), pembuka paku (tuas)

C.sekrup (bidang miring), tangga (bidang miring), baji (bidang miring)

D.gerobak dorong (tuas), gunting (tuas), tang (tuas)

Kunci jawaban
Kelompok alat yang berdasarkan prinsip kerja tuas adalah:
D (gerobak dorong, gunting, tang)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel