Bekal Makanan Sehat Buat Anak

Bekal makanan sehat buat anak - setiap hari anak kita berangkat ke sekolah dengan penuh semangat. Kita para orang tua pula selalu memberikan dorongan semangat dan kasih sayang kepada sang buah hati.


Beragam kasih sayang diwujudkan oleh para orang tua kepada anak. Mulai dari mengantarnya hingga sampai di depan kelas, memberikan uang saku, membelikan sepeda sehingga anak biaa sekolah sambil bersepeda dan tidak sedikit juga para ortua yang memberikan bekal makanan kepada sang anak.

Berdasarkan pengalaman admin bekal yang dibawa oleh anak-anak di sekolah yang admin amati sangat beragam. Menu utama rata-rata semua berisi nasi. Lauknya ada yang berisi gorengan daging ayam. Sayurannya kada sayuran bayam bahkan ada yang tidak ada sayurnya. Kebanyakan yang admin lihat lagi ada yang berisi mie goreng saja ditambah telor ceplok. Wah saya rasa menu seperti itu bila rutin di konsumsi anak kurang baik untuk kesehatannya. Mie instan lebih banyak kandungan pengawetnya daripada gizinya. Saya rasa para orang tua jangan terlalu memberikan bekal makanan yang praktis seperti ini.

Bekal makanan sehat buat anak penting anda berikan. Makanan yang banyak mengandung asupan protein, karbohidrat, vitamin dan mineral sangat dianjurkan. Mungkin anda masih ingat kandungan makanan 4 sehat 5 sempurna. Anda bisa mengkreasikan jenis makanan sehat agar sang buah hati menyukai makanan tersebut.

Memberikan anak untuk belanja di kantin sekolah bukanlah hal yang dilarang. Namun yang harus anda perhatikan, apakah jenis makanan yang dijual disana sudah higienis? Hal ini penting diperhatikan oleh sekolah. Untuk mengawasi makanan yangndi jual di kantin sekolah. Pernah di beberapa sekolah di beberapa daerah ada kasus anak sekolahan keracunan makanan yang di jual di kantin. Jadi peran serta orang tua dan sekolah juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan para peserta didik.

Mempersiapkan bekal makanan sehat buat anak, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Sehingga anak tidak merasa bosan membawa bekal makanan dari rumah :

1.Menu yang dibuat jangan monoton
Penting bagi para orang tua agar jenis makanan yang dibawa anak kesekolah tidak monoton. Hal ink dilakukan agar anak tidak bosan untuk memakannya. Yang perlu kita tetapkan adalah kandungan gizinya bukan jenisnya.

2. Buat bentuk makanan yang unik
Anak sekolah dasar paling suka dengan dunia binatang. Anda dapat mengkreasikam potongan kentang goreng menyerupai binatang. Apakah kelinci, kupu-kupu, beruang atau apapun tergntung kesukaan sang buah hati. Dengan bekal makanan yang unik maka anak pun akan senang ketika memakannya.

3. Makanan yang dibuat agar fresh dan tidak basi
Makanan yang akan anda berikan buatlah agar masih segar hukan dari makanan yang dibuat kemarin atau bahkan 2 hari sebelumnya. Sekarang dengan adanya teknologi misalnya penghangat nasi, nasi bisa bertahan lebih dari satu hari. Lebih baik anda jangan memggunakan makanan ini untuk bekal anak. Kandungan gizi yang sudah berkurang dan pasti makanan itu akan cepat basi ketika tidak ada dalam penghangat nasi.

Demikian sekilah bagaimana mempersiapkan makanan sehat kepada anak sebagai bekal harian mereka. Marilah kita berikan asupan makanan yang sehat agar tubuh anak juga sehat dan berujung pada peningkatan prestasi anak.

Semoga artikel pendidikan ini bermanfaat. Salam pendidikan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel