Tips Menciptakan Pembelajaran Yang Bermakna

Tips menciptakan pembelajaran yang bermakna - Pembelajaran merupakan sebuah aktivitas yang diciptakan oleh guru secara terencana dan terprogram utuk menciptakan pengalaman belajar bagi siswa. Dalam setiap pembelajaran tentunya guru menginginkan peserta didiknya memperoleh pengalaman baru dan tentunya bermakna bagi mereka. Bukan sekedar duduk di kelas dan mendengarkan penjelasan guru. 

Bukan perkara mudah untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Namun bukan berarti hal itu adalah sesuatu yang mustahil untuk diciptakan. Pembelajaran bermakna pada intinya memberikan pengalaman secara langsung dan berkaitan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pembelajaran bermakna mereka dapat mempraktekkannya pada kehidupan dan membantu mereka untuk beraktifitas. 

Pembelajaran bermakna bisa diciptakan oleh guru siapa saja. Yang terpenting adalah kesadaran guru untuk memberikan yang terbaik kepada siswa. Memberikan sesuatu yang baru dan menantang, sehingga mereka sulit melupakan pengalaman yang mereka alami. 

Menciptakan pembelajaran bermakna pada prinspnya ada beberapa hal yang musti diperhatikan, nah kali ini kami akan bagikan tips bagaimana menciptakan pembelajaran bermakna.

1. Perhatikan posisi mengajar
Ketika anda mengajar perhatikan benar posisi anda. Jangan sampai anda membelakangi siswa anda. Ibaratnya sebuah totonan drama jangan sampai anda membelakangi penoton. Ketika menulis di depan usahakan anda berdiri disamping kanan atau kiri. Jangan sekali-kali anda menjelaskan materi sambil menulis. Hal tersebut akan mengurangi konsentrasi siswa dalam menyimak materi.

2. Gunakan media pelajaran yang berfariasi
Ketika anda mengajar di kelas  jangan selalu mendominasi kesempatan. Berikan anak untuk berinteraksi dengan media pembelajaran. Dengan mengunakan media dalam pembelajaran tentunya akan meningkatkan daya tarik siswa terhadap materi yang anda bawakan. Media bisa anda peroleh dari lingkungan sekitar atau dengan kreasi anda yang menciptakan sendiri media pembelajaran. Bukankah menciptakan media pelajaran juga diperhitungkan di dalam angka kredit nantinya.

3. Jadilah guru yang demokratis
Ini mengandung makna agar di dalam mengajar anda tidak mendominasi waktu atau kesempatan. Ilmu yang akan diterima anak bisa saja diterima siswa dengan cara menemukan sendiri, baik itu dengan cara membaca buku atau melakukan demonstrasi atau percobaan. Bisa juga anda menggunakan siswa lain sebagai narasumber atau bisa juga dari masyarakat umum. Tergantung dari materi yang akan dipelajari siswa.

4. Berikan penguatan kepada siswa
Menjadi seorang guru adalah menjadi sosok yang mampu memberikan inspirasi bagi siswa kita. Maka dari itu ketika siswa anda mampu mengerjakan atau melakukan seuatu maka berikanlah mereka sebuah penguatan agar prilaku yang sama dapat muncul dari siswa lainnya atau siswa tersebut semakin bersemangat untuk mengerjakan apa yang ada tugaskan.

Demikian artikel pendidikan tentang tips dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna, Semoga tulisan ini mampu mengispirasi bagi kita semua. Salam Pendidikan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel