Download Terbaru Program Pengayaan Untuk Sekolah Dasar


Selamat berjumpa kembali Bapak/Ibu Guru, Adik Mahasiswa, dan para pemerhati pendidikan lainnya. Trimakasih kami ucapkan atas kunjungan ada ke situs kami Info Guru Kelas. Setelah pada postingan sebelumnya kami sudah membagikan artikel tentang program remidial di sekolah dasar, kali ini kami akan mengupas tentang program pengayaan.


Prgoram Pengayaan

Sama halnya dengan program remidial, program pengayaan juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan evaluasi yang telah dilakukan guru. Dari kegiatan tersebut selain ditemukan ada siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran, juga ada siswa yang mampu melampaui hasil KKM yang dicanangkan oleh guru kelas. Siswa yang berhasil mencapai atau bahkan melebihi KKM tersebut juga patut diberikan perhatian oleh guru. Bagaimanapun juga siswa tersebut adalah siswa yang pandai, bukan berarti kita membiarkan begitu saja, guru kembali memberikan tindak lanjut dari pencapaian siswa melalui program pengayaan.

Dalam program tersebut guru harus lebih fokus juga sebab siswa yang dihadapi adalah siswa yang pintar. Jangan sampai kegiatan pengayaan yang dilakukan sama dengan pembelajaran yang sudah mereka pahami. Pada kegiatan pengayaan tersebut siswa diberikan pemasalahan yang akan mereka selesaikan. Masalah yang diberikan ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih bila dibandingkan dengan soal evaluasi yang telah diberikan oleh guru. 


Bagaimana menyusun program pengayaan yang baik? Menyusun program pengayaan sedikit berbeda dengan menyusun rencana pembelajaran harian. Dalam program pengayaan tersebut, guru memberikan materi lanjutan atau materi baru yang masih memiliki keterkaitan dengan materi  yang sudah mereka pahami. Jenis soal yang diberikan pun juga memiliki tingkat kesukaran yang lebih. Wajar saja, sebab yang akan kita berikan pembelajaran adalah siswa yang kategori pintar. Jadi sudah tentu daya analisa dan kemampuan mereka lebih dari siswa lainnya.


Untuk memudahkan penyusunan program pengayaan bagi siswa anda, kali ini kami akan membagikan tautan program remidial yang bisa anda gunakan. Data yang akan kami bagikan adalah sebuah contoh, silahkan nantinya bisa dimodifikasi sesuai dengan kondisi setempat.





Dengan perencanaan yang baik dan maksimal maka akan membuat pembelajaran lebih baik. melalui kegiatan pengayaan ini, guru akan memperoleh siswa yang unggul. Tentunya kompetensi yang mereka miliki perlu disalurkan sehingga akan menambah rasa percaya diri mereka. Disamping itu pula, bila ada ajang lomba olimpiade atau kegiatan akademik lainnya, sekolah tidak akan kesulitan untuk mencari siswa yang unggul. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan program pengayaan untuk sekolah dasar dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Harapan kami semoga situs ini menjadi bagian dari situs terpercaya Anda. Wasalam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel