Download Program Remidial yang Sesuai Untuk Sekolah Dasar

Slamat berjumpa kembali Bapak/Ibu senang sekali kami atas kunjungan anda kali ini. Pada kesempatan ini, kami akan membagikan program remidial bagi kita semua. Mungkin sudah berbagai informasi yang beredar di media online terkait dengan informasi remidial ini. Nah, disini kami akan menyajikan model program remidial dan pengayaan yang tepat digunakan untuk sekolah dasar

Program Remidial
Program remidial merupakan sebuah tindak lanjut dari kegiatan evaluasi dari pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh guru. Dalam pembelajaran tentunya guru akan melakukan sebuah evaluasi, dimana tingkat ketuntasan evaluasi tersebut akan diukur sesuai dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) Setiap Kompetensi Dasar (KD) dalam mata pelajaran memiliki KKM yang nantinya dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan tingkat ketuntasan siswa. Bagi siswa yang mampu belum mampu melampaui atau sama dengan KKM maka anak tersebut termasuk kedalam siswa yang belum tuntas dalam mempelajari KD di mapel tersebut. Maka dari itu guru  harus memberikan tindak lanjut berupa program remidial. 

Menyusun program remidial tentunya sedikit berbeda dengan program pembelajaran seperti biasa. Dalam kegiatan remidial, guru mesti memperhatikan dengan detail letak kekurangan dan kelemahan siswa yang belum dipahami, sehingga pemberian remidial akan lebih bermakna. 

Buat perencanaan yang berbeda dengan apa yang sudah anda laksanakan sebelumnya. Pergunakan media yang lebih beragam lagi. Gaya mengajar juga harus anda perhatikan. Pelaksanakan remidial akan berjalan dengan baik, tentunya dibuthkan program perencanaan yang matang. Berikut ini tautan program remidial yang dapat anda gunakan sebagai penyusunan program kegiatan remidial di sekolah tempat anda bertugas.


Dengan perencanaan yang baik tentunya akan membuahkan hasil yang akan baik pula. Yang perlu diingat bahwa tingkat kemampuan siswa itu berbeda. Jadi dengan program remidial kita memberikan kesempatan kepada siswa yang dikategorikan lambat untuk mampu setara dengan temannya minimal sesuai dengan ambang batas minimal yang sudah ditetapkan.

KKM ini disusun oleh guru kelas pada awal tahun pembelajaran, Dengan terlebih dahulu memperhatikan beberapa komponen, seperti : 1) Tingkat kemampuan awal siswa, 2) Daya dukung sarana dan prasaran, 3) Tingkat kesukaran kompetensi dasar dan 4) Kemampuan guru dalam menguasai materi dan pembelajarannya. 

Semua komponen tersebut nantinya dijadikan sebagai acuan untuk menentukan berapakah ketuntasan minimal untuk kompetensi dasar pada mata pelajaran. Semakin baik kemampuan awal siswa, daya dukung dan tingkat penguasaan guru, maka nilai KKM untuk KD itupun akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan program remidial yang sesuai dengan sekolah dasar, semoga tulisan ini memiliki dampak postif bagi para guru kelas dan juga guru mapel lain. Besar harapan kami bagi para pengunjung agar selalu meninggalkan komentarnya di situs ini, sebagai penyempurnaan bagi kami kedepannya. Wasalam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel