Membandingkan Pecahan dengan Buah-buahan

Pembalajaran pecahan sudah diperkenalkan di kelas 4. Dalam pembelajaran pecahan di kelas,  anak shdah diperkenalkan btentang pecahan. Apa yang dimaksud dengan pecahan dan bagaimana menuliskan lambang pecahan. Anak sering kali mengalami masalag untuk persoalan yang satu ini. Masalah yang sering muncul dalam pembelajaran pecahan di sekolah dasar adalah kesulitanya siswa memahami makna sebuah pecahan.

Mungkin Bapak/Ibu guru sudah mencoba cara yang akan kami sampaikan disini. Saya harap Bapak/Ibu guru yang sudah pernah menerapkannya agar berkenan memberikan masukan dan pengalamannya dalam menerapkan model pembelajaran yang akan kami jelaskan pada postingan kami kali ini.

Pembelajaran pecahan di sekolah dasar mestinya harus memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Maka dari itu guru harus kreatif mengajarkan konsep pecahan. Sehingga tidak dirasa sebagai materi pelajaran yang menjemukan. Apalagi dalam pikiran banyak siswa termasuk kita mungkin waktu sekolah dulu sempat saja berpikir bahwa pelajaran matematika itu sulit.

Pecahan sudah sering siswa gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Nah beranjak dari pengalaman siswa tersebut kita akan menggunakan pengalaman siswa sebagai pengantar dalam pembelajaran pecahan.

Langkah-langkah Persiapan pembelajaran pecahan di sekolah dasar
1.Pertama yang guru harus tanamkan adalah bahwa, kita mengajar untuk membelajarkan anak. Sehingga pembelajaran yang akan kita lakukan harus bisa memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Jadi fokuskan rencana pembelajaran anda kepada siswa. Bukan berdasarkan materi pelajaran.

2. Susun rencana pembelajaran dengan mempertimbangkan materi beranjak dari yang termudah ke yang tersutit. Jadi guru harus memberikan permasalahan kepada siswa berawal dari yang mudah ke hal yang sulit, berawal dari yang terdekat ke hal yang jauh dan berawal dari yang umum ke hal yang khusus.

3. Rencana pembelajara memuat bagaimana keguiatan siswa dan bagimana kegiatan guru. Jadi skenario pembelajaran harus dipersiapkan dengan baik oleh guru. Sehingga jelas apa dan bagaimana mesti guru bertindak. 

4. Rencana pembelajaran memuat bagaimana guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan. Baik secara mandiri maupun berkelompok. Jangan dalam pembelajaran di kelas guru lebih memegang kendali atau terpusat kepada guru. 

5. Sususn evaluasi sesuai dengan apa yang sudah anda berikan kepada siswa. Jangan sampai evaluasi melebar jauh dari apa yang siswa pelajari.

Langkah-langkah Pelaksanaan Pembelajaran Pecahan di Kelas1.
1. Guru memasuki ruang kelas dengan menampilkan senyuman dengan hangat dan ramah. Ini penting sekali anda lakukan. Jangan sampai ketika anda mengajar, wajah anda sudah cemberut. Apalagi anda akan mengajarkan matematika. wah dengan tampak cemberut dijamin siswa anda akan tidak betah di kelas. Jadi berikan wajah yang ceria dan hangat penuh dengan semangat dan percaya diri.

2. Berikan apersepsi tentang pengalaman siswa dalam membagi sesuatu dengan taman atau saudara.
3. Tanyakan bagaimana siswa melakukan kegiatan membagi sebuah buah misalnya.
4. Tanyakan apa yang harus kita perhatikan di dalam membagi sesuatu.
5. Selanjutnya bentuk siswa menjadi beberapa kelompok dengan jumlah kelompok sebanyak 2 orang.
6. Berikan mereka dua buah apel, minta mereka membagi buah apel itu menjadi 4, 6, 8, 10, 12.
7. Setiap kelompok mendapat tugas untuk membentuk bagian yang berbeda. Sesudah itu siswa akan membagi buah tersebut.
8. Minta siswa untuk memperhatikan hasil buah apel yang mereka sudah bentuk. Mintalah siswa membandingkan hasil pembagian buah yang sudah mereka lakukan.
9. Guru menanamkan konsep pecahan.
10. Guru 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel