Membuat Periskop Sederhana Itu Menyenangkan

Postingan kami kali ini yaitu akan membahas tentang pembuatan periskop sederhana. Periskop merupakan sebuah alat optik yang sering digunakan pada sebuah kapal selam. Tujuananya adalah dengan dipasangi periskop, kapal selam tersebut dapat melihat benda yang berada diatasnya.


Periskop sederhana ini merupakan materi yang sudah diajarkan di klas 5. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan periskop memanfaatkan kardus bekas sebagai bahan dasar dari body periskop nantinya. Bisa juga memanfaaatkan baatang bambu. Tetapi dengan bahan bambu tersebut rasanya sangat sulit untuk dibuat oleh anak. Disini kami akan membahas bagaimamna membuat periskop dengan menggunakan bahan dasar dari kardus bekas.

Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan periskop sederhana yaitu :
1. Kardus
2. Gunting
3. Penggaris
4. Lem
5. Dua cermin datar.

Nah bahan-bahan sederhana tersebut tidak terlalu sulit untuk ditemukan oleh anak. Setelah bahan tersebut dikumpulkan langkah selanjutnya adalah membuat bagian dari periskop. Adapun caranya sebagai berikut :

1. Potong kardus sehingga bisa terbentuk sebuah bidang. Bidang yang dibentuk usahakan dalam bentuk persegi panjang. Setelah itu tingal membagi bidang tersebut menjadi 4 bagian yang sama.

2.  Bagi bidang tersebut menjadi empat bagian dengan masing-masing bagian memiliki lebar sebesar 7 cm . Setelah itu garislah lebar pada sisi panjang bidang yang sudah dibentuk tersebut.

3. Setelah dibentuk menjadi empat persegi panjang. Langkah selanjutnya adalah dengan cara melubangi sisi persegi panjang pada bagian 1 dan 3. Pelubangan ini dilakukan untuk  menempatkan cermin datar tersebut.

4.Lipatlah bidang persegi panjang pada sisi panjangnya. Setelah itu tekuk pada sisi panjangnya. Sehingga dari tekukan tersebut akan membentuk kardus menjadi sebuah balok.

5. Setelah terbentuk balok kini tinggal memasukkan cermin datar pada lubang kardua tersebut. Nah... kalo sudah demikian jadi deh periskopnya.

Selamat mencoba ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel