Perlunya Mereview Kembali Kegiatan Pembelajaran yang Telah Dilaksanakan

Artikel Pendidikan dari Info Guru Kelas
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas kunjungan Anda ke situs Info Guru Kelas. Ijinkan kami kali ini akan mengupas sekelumit tentang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bapak/Ibu guru mungkin sudah sering melaksanakan kegiatan pembelajaran, baik itu secara formal di sekolah maupun di luar sekolah, tentunya kegiatan tersebut, merupakan aktivitas rutin yang sudah Bapak/Ibu lakoni. Dalam pelaksanaan tersebut sudah pasti tidak selalu berjalan mulus, pasti ada saja kendala yang dialami. Terkadang kita sering membiarkan kendala itu lewat begitu saja tanpa ada keinginan untuk memperbaiki dan menemukan apa penyebab dari masalah tersebut. Namun, tidak jarang pula ada guru yang penuh dengan semangat berkeinginan untuk mencari apa penyabab dari masalah tersebut.

Mencari penyebab dari adanya masalah tersebut merupakan perenungan yang harus dilakukan guru. Sebagai guru kita tentunya paham betul bagaimana jalan kegiatan pembelajaran di kelas yang kita ampu. Dengan merenungi kembali bagaimana pelaksanaan pembelajaran tersebut kita akan menemukan akar dari masalah yang dihadapi tersebut.

Melalui perenungan tersebut, maka kita akan dapat melihat kembali masalah yang dihadapi dan akan lebih fokus untuk menyelesaikannya, sehingga masalah tersebut tidak akan sulit untuk di selesaikan. Merenungi kembali kegiatan yang telah dilaksanakan tidak hanya dapat menemukan apa kendala yang dihadapi dalam belajar, tetapi juga dapat memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Terkadang tidak semua guru mau untuk melakukan perenungan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Mungkin kegiatan tersebut dipandang sebagai sebuah kesiasiaan, atau membiarkan begitu saja pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan. Melakukan perenungan atau mereview kembali bukanlah menyuruh kita untuk diam duduk dan termenung begitu saja, lebih dari itu perenungan guru lebih kepada menganalisa proses pembelajaran dan hasil dari pembelajaran tersebut.  Guru harus selalu menganalisa hasil dari setiap proses pembelajaran yang telah dilaksaakan.

Berikut ini ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan untuk melakukan review kembali terhadap hasil dari proses pembelajaran yang telah ada laksanakan di kelas, diantaranya :

#Catatlah setiap perilaku yang dimunculkan siswa.
Mencatat secara detail perilaku siswa yang muncul saat proses pembelajaran merupakan langkah awal anda dalam melakukan review. Temukan perilaku keanehan siswa di kelas. Misalnya, apakah siswa tampak bengong di kelas, baik itu perilaku yang menonjol atau pun yang lebih kepada hal yang nyeleneh dari siswa. Buatlah memo kecil setiap anda mengajar dan harus ditulis sesegara mungkin dan jangan menunda hal tersebut.

#Analisis hasil belajar siswa.
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, tentunya anda selalu melakukan evaluasi formatif terhadap siswa. Nah, gunakan hasil  hasil evaluasi tersebut untuk mereview kembali pembelajaran yang telah anda laksanakan. Disanalah akan tergambar, bagaimana tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah anda laksanakan. Semakin bagus hasil yang dicapai maka akan semakin suskses pembelajaran yang telah anda laksanakan.

#Tingkat partisipasi siswa di kelas
Partisipasi siswa di dalam kelas atau keaktifan di kelas ketika kegiatan pembelajaran bisa anda jadikan sebagai bahan renungan. Apakah dalam pembelajaran, siswa anda sudah aktif? Apakah dalam pembelajaran anda sudah memberikan kesempatan untuk melakukan sesuatu dan bukan mendengarkan sesuatu saja? Apakah saat pembelajaran anda memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu mengerjakan tugasnya dengan baik? Itulah beberapa sekelumit pertanyaan yang bisa anda tanyakan dalam diri terkait dengan partisipasi siswa di kelas.

#Kehadiran siswa pada setiap pembelajaran yang anda ampu
Ini juga merupakan bahan renungan yang harus anda lakukan untuk memperoleh gambaran bagaimana kualitas pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dalam keseharian pembelajaran di kelas, tentu saja pasti anda temukan salah satu siswa atau beberapa siswa anda yang tidak sekolah. Berbagai alasan mungkin telah disampaikan baik oleh orang tua, atau dari teman sekelasnya. Dari sekian ketidak hadiran mungkin anda akan temukan banyaknya ketidak hadiran siswa pada satu pembelajaran tertentu. Bila hal ini terjadi, ini merupakan bahan yang harus anda temukan apa yang menjadi masalahnya. Jadi tingkat kehadiran siswa dalam pembelajaran di kelas merupakan komponen yang patut anda gunakan sebagai bahan perenungan atau review.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan bagaimana pentingnya review yang harus dilakukan guru terhadap pembelajaran yang telah ia laksanakan. Tentunya review tersebut akan bermuara kepada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan guru selanjutnya. Dengan kualitas pembelajaran yang baik dan maksimal maka akan memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswanya nanti. Terimakasih karena anda sudah berkenan menyempatkan waktu untuk membaca tulisan kami ini. Saya mohon maaf bila tulisan ini masih ada kata-kata yang janggal. Saya sangat menyadari sebab saya pula tidak luput dari kekurangan. Harapan kami semoga para pengunjung berkenan memberikan komentarnya demi kesempurnaan situs ini.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel