Tips Bagi Guru Kelas Untuk Mempersiapkan Siswa dalam Ujian Sekolah

Selamat berjumpa kembali Bapak/Ibu Guru Kelas dimanapun anda sedang online saat ini. Kali ini Harian Keguruan akan membahas masalah bagaimana mempersiapkan siswa agar semakin mantap dalam menghadapi ujian sekolah.

Ujian sekolah di tahun pelajaran ini sudah tinggal menghitung bulan saja. Beredar di media online bahwa ujian sekolah untuk sekolah dasar akan digulirkan pada tanggal 16 sampai dengan 18 Mei 2016. Mata ujian yang akan diujikan masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Kesuksesan siswa anda dalam menghadapi ujian tidak bisa kita lepaskan dari kedisiplinan siswa untuk belajar dan kerja keras guru dalam mendampingi kegiatan pembelajaran di kelas dan menyajikan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kisi-kisi yang akan diujikan.


Baca juga : Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah Tahun 2015/2016 dan Jadwal Ujian Sekolah

Agar siswa anda semakin sukses dalam menghadapi ujian sekolah ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan kesuksesan dalam menghadapi ujian :

1. Berikan Siswa latihan soal sesuai kisi-kisi ujian
Walaupun materi di kelas 6 sangat banyak dan luas, anda harus tetap fokus dalam mengajarkan materi pelajaran tersebut. Jangan sampai anda keluar dari payung kisi-kisi soal, sehingga materi yang akan anda sampaikan tidak melebar kesana-kemari. Jadi ajarkan siswa latihan soal sesuai dengan kisi-kisi soal.

2. Ciptakan kondisi menyerupai ujian
Setelah siswa dilatih dengan baik dalam latihan soal tentang ujian sekolah. Langkah selanjutnya melakukan uji coba kesiapan siswa dalam ujian. Berikan lembar jawaban yang mirip dengan lembar ujian sekolah. Dengan seperti itu siswa tidak akan mengalami kegugupan ketika akan menghadapi ujian dengan lembar soal yang berbeda seperti yang mereka kerjakan sebelum-sebelumnya.

3. Tanamkan rasa percaya diri pada diri siswa
Guru bisa melakukan hal ini dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Berikan penguatan yang positif ketika siswa anda mampu mengerjakan soal dengan benar. Puji mereka dan berikan dorongan bahwa mereka mampu mengerjakan soal ujian apabila mereka mau belajar dengan sungguh-sungguh.

4. Berikan jam pelajaran tambahan
Ini penting dilakukan oleh guru. Jam belajar biasa tidak cukup untuk memberikan pemantapan kepada siswa kelas  6 untuk belajar di sekolah. Apalagi mengandalkan mereka hanya belajar di rumah, tentu jarang siswa yang mau melakukan hal ini dengan baik. Berikan jam pelajaran tambahan kepada siswa. cukup 2 jam setiap harinya.

5. Sajikan pelajaran tambahan dengan hangat dan penuh humor
Jam pelajaran tambahan yang diajarkan di luar jam efektif tentunya bisa menyebabkan kebosanan pada siswa apabila guru kurang terampil dalam melakukan pendekatan kepada siswa. Berikan kegiatan-kegiatan game pendidikan saat jam tambahan. Anda juga bisa melakukan tekik quis dalam pembelajaran di kelas.

Demikian informasi yang bisa anda gunakan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian. Hal yang terpenting dari semua itu adalah menumbuhkan semangat belajar dalam diri siswa dan memanfaatkan waktu dengan efektif dalam pembelajaran.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel