Internet dan Dunia Pendidikan

Gunakanlah teknologi Internet dengan bijaksana.

Harian Keguruan - Pengguna internet di Indonesia sekarang ini kian meningkat. Hal tersebut berhimbas dari maraknya alat-alat elektronik seperti smart phone dengan harga terjangkau yang sudah mampu koneksi dengan internet. Lihat saja anak-anak sekolahan sekarang ini. Para orang tua murid yang berlatar belakang ekonomi menengah keatas tentunya begitu mudahnya memberikan anak mereka benda kecil yang mampu menjelajah dunia yang bernama smart phone.

Pengguna smartphone di Indonesia masuk ke dalam peringkat terbesar dalam menggunakan internet. Lalu sudahkah begitu dimanfaatkan internet itu oleh masayarakat, yang dalam hal ini adalah siswa, guru dan berbagai kalangan yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan.

Internet ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan dari pengaruh baik dan buruk Ibarat seperti pisau bila digunakan dengan baik, maka akan membantu mempermudah pekerjaan. Namun, sebaliknya bila benda tersebut digunakan untuk mencelakai orang lain tentu akan sangat membahayakan dan tidak berdampak negatif. Tentu kita sudah memahami apa saja pengaruh negatif dan positif dari internet tersebut. Bila kita sudah memahami hal tersebut, saya rasa para pembaca Harian Keguruan akan mampu menggunakan internet ibaratnya seperti pisau yang digunakan untuk memotong sayuran, mengupas buah dan lain sebagainya. Seperti itu halnya kita menggunakan internet secara sehat sehingga akan memperoleh manfaat yang baik.

Internet sangat membantu kehidupan kita di segala bidang. Tidak ketinggalan dunia pendidikan. Dengan adanya internet maka pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan menjadi lebih variatif. Sehingga akan memberikan suasana yang berbeda ketika belajar, Sebagai contoh misalnya. Ketika guru mengajar di kelas menggunakan LCD projektor, kemudian mencari media audio visual misalnya vidio bagaimana peristiwa gunung meletus atau metamorfosis pada kupu-kupu. Guru bisa menemukan beragam media yang sejenis di internet. Guru juga bisa mengajari siswa bagaimana mencari informasi yang benar di internet. Atau bisa juga guru membuat sebuah situs pribadi yang berisikan konten-konten pendidikan yang kemudia bisa diakses dengan mudah oleh siswa.

Internet memang memberikan dampak negatif pada sebagain kehidupan kita. Hal itu tidak bisa dipungkiri. Namun, semua itu kembali kepada diri kita. Bila kita kuat dan memiliki etikad yang baik dalam menggunakan internet maka tidak akan ada hal yang negatif dari semua itu.

Kita harus bijak di dalam menggunakan teknologi. Jangan sampai teknologi yang mengendalikan kita. tetapi sebaliknya, kitalah yang menggunakan teknologi untuk kemaslahatan orang banyak. Bentengi diri dengan pendidikan agama dan selalu mengamalkan ajaran agama yang kita anut dan bukan hanya sebatas pengetahuan tentang teori keagamaan.

Indonesia merupakan negeri yang amat luas. Maka dari itu butuh media untuk mempermudah jalannya komunikasi antar sesama warga Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Jadi internet merupakan salah satu jawaban yang memberikan kemudahan bagi semua harapan kita. Jayalah pendidikan Indonesia dan Majulah Teknologi Indonesia. Wasalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel