Koreksi Soal Pemantapan/Tray Out Sekolah Secara Objektif

Ilustrasi Guru memberikan bimbingan kepada siswa kelas 6

Ujian pemantapan/ Tray Out di sekolah sudah berlangsung. Dan  mungkin di beberapa sekolah kegiatan ini sudah selesai dilaksanakan. Pelaksanaan ujian pemantapan di sekolah dasar bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan siswa di dalam mengikuti ujian sekolah nantinya. Berbagai strategi sudah dipersiapkan oleh guru wali kelas untuk memantapkan siswa. Mulai dari pemberian jam pelajaran tambahan, bimbingan khusus, hingga pemberian tes uji coba (Tray out)

Baca juga : Download Tray Out Soal Ujian Sekolah Matematika SD/MI Tahun 2016 Paket 2

Tentunya setelah ujian tray out tersebut waktunya para guru untuk mengoreksi hasil ujian. Di dalam ujian pemantapan, koreksi soal yang dilakukan oleh guru masih manual. Mungkin ada yang sudah menggunakan aplikasi dengan format Ms.Excel. Di dalam pengkoreksian soal, guru sebaiknya menghilangkan kesan penilaian subjektif. Nilailah apa adanya dan sesuai dengan kenyataan. Kami yakin kejujuran guru tidak bisa diragukan lagi. Tetapi mungkin saja ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penilaian yang tidak objektif.

Hasil ujiian pemantapan nantinya akan di analisis oleh guru. Analisis tersebut akan memperoleh gambaran bagaimana tingkat kesukaran soal yang dikerjakan siswa. Guru pun dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif terhadap kekurangan yang masih muncul.

Ujian pemantapan bukanlah satu-satunya penilaian yang digunakan guru untuk menilai siswa secara menyeluruh. Inti dari pendidikan di sekolah adalah mengembangkan segala potensi yang dimiliki siswa serta menyelaraskan keterampilan dan sikap terhadap nilai-nilai sesuai dengan norma yang berlaku di dalam kehidupan.

Semoga pendidikan kita semakin maju. Guru adalah pelukis masa depan. Ditangannyalah masa depan bangsa ini berada. Mari kita dukung dan kawal pendidikan.  Wasalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel