Media Pembelajaran Batuan dan Proses Pembentukan Tanah

Media dan materi proses pembentukan tanah- Tanah merupakan tempat sekaligus sarana yang tidak bisa kita lepaskan di dalam berinteraksi setiap harinya.Apalagi pekerjaan sebagai seorang petani, tentunya tanah merupakan lahan yang dijadikan sebagai tempat untuk menanam berbagai jenis tanaman. Tidak hanya petani, pengerajin gerabah dan batu bata juga selalu memanfaatkan tanah sebagai bahan produksinya. 

                                    

Tanah terbentuk dari adanya proses pelapukan batuan yang terjadi dalam waktu yang sangat lama. Pelapukan tersebut membuat batuan menjadi mudah hancur, sehingga menjadi bagian yang kecil. Banyak faktor yang membuat adanya perubahan pada batuan. Mulai dari aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan juga disebabkan karena perubahan suhu dan cuaca lingkungan. 

Berdasarkan proses terjadinya, pelapukan dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :
  1. Pelapukan fisika
  2. Pelapukan Biologi 
1. Pelapukan Fisika
Jenis pelapukan ini merupakan pelakukan yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Seperti, perubahan suhu, pengikisan oleh angin, gelombang air laut, tetesan air yang mengenai bebatuan,  Gejala alam tersebut dapat mengikis batuan sedikit demi sedikit hingga batu itu habis

Air yang menetes pada bebatuan akan membuat batu tersebut akan mudah tergerus. Apalagi dengan cuaca yang selalu berubah. Ketika suhu meningkat maka batuan akan mengembang dan ketika suhu kembali turun maka batuan akan menyusut kembali. Demikian juga angin, juga dapat mengikit bebatuan. Mungkin anda sering melihat bagaimana kondisi batuan di padang pasir. Seperti di green canyon. Banyak bebatuan dan tebing yang menjulang tinggi dalam keadaan seperti terkikis. Semua itu disebabkan oleh angin yang mengikis batuan tersebut dalam waktu yang lama.

2. Pelapukan Biologi
Jenis pelapukan ini lebih banyak disebabkan oleh disebabkan oleh makhluk hidup. Lumut merupakan jenis tanaman yang mampu menghancurkan bebantuan sehingga menjadi tanah. Lumut adalah jenis tumbuhan perintis. Batu yang tertutup oleh akar tanaman lama-kelamaan akan hancur pula. Inilah salah satu jenis pelapukan yang disebabkan oleh tumbuhan.

Dalam pembelajarannya di kelas 5, Bapak/Ibu bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai salah satu media belajar. Sehingga anak akan lebih dekat dengan lingkungan tempat tinggal mereka. Mencari contoh yang dekat dengan dunia anak akan membuat kegiatan belajar yang anda ciptakan memiliki kebermaknaan bagi siswa. Dengan demikian siswa tidak akan merasa asing dengan kegiatan pembelajaran yang mereka alami.

Media belajar yang bervariasi akan menciptakan ketertarikan dan daya fokus siswa akan materi pelajaran. Guru bisa memanfaatkan media elektronik. Salah satunya adalah LCDProyektor. Disini kami akan menyajikan media belajar Power point yang bisa Bapak/Ibu gunakan didalam mengajarkan materi Proses Pembentukan tanah dan batuan

Bila anda berminat silahkan ikuti tautan di bawah ini



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam pendidikan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel