Tips Pembelajaran IPS yang Menyenangkan

Tips menumbuhkan minat baca anak dalam pembelajaran IPS -  Membaca merupakan cara termudah untuk memperoleh berbagai informasi melalui media cetak dan elektronik. Dengan membaca kita akan memperoleh pengalaman baru. Banyak hal yang bisa kita temukan dalam membaca. Mulai dari hiburan, pengetahuan hingga resep atau cara dalam membuat sesuatu.

Aktivitas membaca tidak hanya terfokus pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Membaca juga bisa diintegrasikan pada pelajaran lainnya. Salah satunya yaitu IPS. Keterampilan membaca pada IPS lebih ditekankan dalam mencari informasi tentang materi IPS.

Sukses siswa dalam pelajaran IPS dalam hal ini yang saya maksudkan adalah di sekolah dasar khususnya kelas V, berpusat kepada kedisiplinan siswa dalam membaca dengan cermat segala informasi yang ada. Baik melalui buku sumber, maupun dengan cara menyimak penjelasan guru.

Materi IPS di kelas 5 lebih banyak tentang sejarah sebelum kemerdekaan hingga materi tentng perjalanan bangsa indonesia setelah kemerdekaa.

Sering dialami kendala dimana siswa kurang antusias dan kurang memiliki rasa greget dalam membaca. Memang ini penyakit yang lumbrah yang sering dialami siswa di sekolah dasar dengan kondisi pembelajaran yang monoton. Lebih banyak ceramah daripada siswa yang aktif. Namun dengan strategi guru kondisi ini bisa disiasati. Bagaimana caranya, selengkapnya sebagai berikut:

Siswa sekolah dasar merupakan anak yang masih dalam tahap suka bermain. Maka dari itu ajaklah mereka bermain dan antarkan pengetahuan dalam permainan yang akan mereka lakukan.

Siswa sekolah dasar sangat menyukai kegiatan yang bersifat menantang. Guru yang bijak harus senantiasa memberikan tantangan baru kepada siswanya. Dengan begitu mereka akan lebih bersemngat untuk mengerjakan tugas.

Kegiatan belajar yang menantang dan menumbuhkan minat baca pada diri siswa dapat dilakukan guru dengan mengajak mereka bermain ditektif. Seperti halnya seorang ditektif selalu berusaha mencari, menemukan, memecahkan dan menyajikan temuannya sehingga bisa menarik sebuah kesimpulan. Bagaimana caranya, langsung saja :

1. Pertama-tama sampaikan tujuan pembelajaran yang akan mereka pelajari pada hari tersebut.
2. Berikan siswa permasalahan yang akan mereka selesaikan.
3. Permasalahan tersebut bisa berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengharuskan siswa untuk membaca buku untuk menemukan jawabannya
4. Berikan kesempatan kepada mereka untuk memilih sumber dalam menemukan jawaban sendiri.
5. Ajak siswa untuk membahas dan menyampaikan temuan mereka.
6. Guru memberikan penguatan kepada siswa.

Demikian informasi terkait Tips Pembelajaran IPS yang Menyenangkan, semoga bermanfaat. Wasalam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel