Tips Sukses Bagi Siswa Dalam UTS

Tips sukses bagi siswa dalam UTS -   Tips kali ini berkitan dengan Ulangan Tengah Semester atau lebih sering disebut dengan UTS. Ulangan tengah semester di tahun pelajaran 2015/2016 ini sudah memasuki UTS semester 2. Ini berarti tinggal beberapa bulan lagi siswa akan memasuki ulangan kenaikan kelas. Dimana ulangan tersebut nantinya akan sangat menentukan siswa akan naik atau tinggal kelas. 

Ulangan tengah semester di tiap daerah tentunya berjalan tidak secara bersamaan, Hal ini tergantung dari kalender pendidikan yang disusun oleh dinas pendidikan provinsi masing-masing. 

Siswa jangan memiliki anggapan dan bahkan sampai menganggap bahwa UTS adalah hal yang sangat sepele. Situasi dan sikap seperti itu akan membawa kepada hasil yang kurang baik. UTS memiliki bobot yang cukup tinggi didalam menentukan hasil dari kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa selama belajar di kelas tersebut. Bahkan untuk sekolah dasar nilai dari kelas 4 semester 1 dan 2 hingga kelas 6 semester 1 diakumulasikan sehingga menentukan hasil akhir pelulusan siswa.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal tentunya harus ada usaha yang maksimal pula. Berikut ini akan kami sampaikan ulasan singkat bagi siswa dan orang tua siswa dalam mendampingi anak, agar sukses dalam menghadapi ulangan tengah semester (UTS). Berikut ini ulasannya :

1. Memeriksa dan membaca kembali buku catatan 

Memang mencatat bukan merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan siswa di dalam belajar di sekolah. Namun, dengan mencatat siswa dapat membaca kembali apa yang sudah mereka pelajari selama di sekolah. Kemampuan mengingat manusia sangat terbatas, dengan mencatat secara tidak langsung siswa sudah membuat dokumentasi materi pelajaran yang bisa di baca kembali.

Tidak semua materi yang diberikan guru mesti dicatat. Tulislah hal-hal yang penting dan merupakan inti dari materi pelajaran yang sedang dipelajari saat itu. Nah, apakah semua buku catatan pelajaran sudah lengkap? Selain itu isi buku catatan itu apakah tidak ada yang ketinggalan mencatatnya?  Jika ada yang belum lengkap masih ada waktu untuk membenahinya.

2. Arsipkan hasil ulangan harian

Perlu para orang tua siswa ketahui bahwa guru di sekolah melaksanakan  satu atau dua kali ulangan harian (UH) untuk semua mata pelajaran. Cek hasil ulangan, apakah hasilnya sudah memenuhi kreteria tuntas? Apabila masih belum tuntas maka siswa harus menyelesaikan materi pelajaran yang masih memiliki nilai di bawah ketuntasan. 

Biasanya guru akan langsung memberikan remidial bagi siswa yang di dalam ulangan harian memiliki nilai di bawah kreteria ketunttasan. Nah, gunakan kesempatan remidial tersebut untuk memperbaiki nilai ulangan harian.

3. Perbanyak jam belajar di rumah

Banyak sekali siswa yang sepulang sekolah lebih senang memanfaatkan waktunya untuk bermain. Bagi para orang tua di rumah, mulailah membantu untuk mengatur waktu belajar dan bermain bagi mereka. Biasakan mengulang pelajaran kembali di rumah. Belajar di rumah sehabis pulangh sekolah sebaiknya diatur hingga mencapai waktu 3 jam. Dengan pembagian waktu, sepulang sekolah mengulang kembali pelajaran atau mengerjakan PR jika ada, selama 60 menit. Kemudian berikan kesempatan bagi mereka untuk melakukan kegiatan bermain sesuai dengan usia mereka yaitu berada pada masa bermain. Nah, malamnya sehabis makan malam, mulai dari jam 7 para orang tua kembali mendampingi siswa untuk belajar. 

4.Menjaga kondisi fisik dan psikis

Menjaga kondisi fisik agar tetap sehat sangat penting dilakukan oleh siswa. Ujian mid semester perlu dihadapi dengan baik. Sulit mengerjakan soal ujian jika kondisi tubuh tidak sehat. Gangguan flu saja saat ujian sudah pasti mengganggu konsentrasi dalam menjawab soal ujian. 

Oleh sebab itu, siswa perlu mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Begitu pula cukup minum air putih. Tidur jangan terlalu larut malam. Olah raga rutin meskipun beberapa menit saja. Simak juga: Siswa Perlu Konsumsi Buah dan Sayur

Menjaga kondisi psikis tak kalah pentingnya dilakukan siswa. Soal ujian dapat dikerjakan dengan baik apabila konsentrasi dan pemikiran tidak sedang galau atau bebas dari berbagai permasalahan-permasalahan yang mengganggu pikiran.

5. Doa dan restu orang tua

Doa berperan penting untuk mencapai kesuksesan siswa. Oleh sebab itu selalu berdoa kepada Tuhan. Namun yang tak kalah penting juga adalah restu kedua orang tua. Doa dan restu kedua orang tua ikut menentukan langkah dan pekerjaan seorang anak.

Semoga pembahasan yang sederhana tentang  tips ringan sukses bagi siswa dalam menghadapi UTS Semoga bermanfaat untuk siswa, orang tua siswa dan pengunjung blog ini pada umumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel