Fakta Unik Tentang Pelapukan Pada Batuan

Fakta unik tentang pelapukan batuan -  Bumi merupakan salah satu planet di dalam tata surya. Bumi memiliki lapisan-lapisan yang menyelimutinya. Mulai dari yang paling dalam yaitu inti bumi, selubung bumi dan yang paling terluar dan menjadi tempat berdiamnya makhluk hidup yaitu kerak bumi.

Bumi dengan segala unsur yang ada di dalamnya memberikan pengaruh yang begitu besar bagi penghuninya. Di dalam bumi terdapat unsur abiotik dan biotik. Unsur biotik merupakan unsur dari makhluk hidup yang ada di dalamnya. Baik dari makhluk yang terlihat oleh mata telanjang hingga mikro organisme yang hanya bisa dilihat oleh mikroskop.

Tanah merupakan salah satu unsur abiotik. Dalam pembentukannya melalui proses yang panjang. Pelapukan merupakan proses yang dilalui oleh batuan untuk berubah menjadi tanah.  Dalam pembentukan tanah mengalami pelapukan. Adapun jenis pelapukan tersebut melalui pelapukan biologi dan pelapukan fisika.

Pelapukan fisika merupakan jenis pelapukan tanah yang disebabkan oleh perubahan suhu, panas, dan curah hujan. Demikian pula dengan air laut yang mampu menghempaskan batu karang. Batu yang begitu keras dapat mudah hancur menjadi kepingan kecil hingga menjadi butiran tanah. Meskipun demikian, jenis pelapukan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan sampai bertahun-tahun.

Dari pelapukan tersebut kadang memunculkan bentuk yang unik-unik. Anda bisa lihat seperti green canyoon di Amerika. Indah bukan bebatuan disana. Atau tebing yang terukir dengan alami dari kikisan udara dan curah hujan. Bahkan yang tak kalah unik lagi bentuk batu karang yang beraneka ragam karena terkikis oleh ombak air laut.

Pelapukan biologi merupakan jenis pelapukan pada batuan yang lebih disebabkan karena pengerusakan dari tumbuhan. Dapat kita temukan pada tanaman lumut yang mampu merusak bebatuan yang begitu keras. Batuan yang ditumbuhi lumut lambat laun akan mengalami pengeroposan. Proses ini tentunya berlangsung dalam puluhan tahun. Lumut juga merupakan tanaman yang mendapat julukan sebagai tumbuhan perintis.

Demikian fakta unik dari pelapukan pada batuan. Semoga tulisan sederhana ini ada manfaatnya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya. Wasalam.....


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel