Cara Terbaik Menjaga Agar Tubuh Tetap Sehat

Cara terbaik menjaga agar tubuh tetap sehat - kesehatan merupakan harta yang sangat berharga. Berapa pun jumlah harta yang anda miliki bila tidak sehat tentu semua itu akan sia-sia saja dan kurang berarti.

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Demikian pula dengan kesehatan tubuh anda. Menjaga agar tubuh tetap bugar dan prima merupakan sebuah kewajiban bila anda tidak ingin kesulitan di kemudian hari dari penyakit.

Membuat tubuh sehat tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan higienis. Makanan sehat namun tidak bersih juga akan membuat kesehatan terganggu. Selain makanan sehat kondisi ketenangan pikiran juga bisa mempengaruhi kesehatan anda. Pikiran yang sering stres akan membuat anda sulit untuk makanan. Dengan pola makan yang tidak teratur maka kesehatan pun akan berpengaruh. Berikut ini kami akan menyajikan berapa cara yang mungkin bisa anda jadikan bahan referensi dalam menjaga kesehatan tubuh.

Apa yang harus anda lakukan agar jiwa dan raga tetap sehat? Coba ikuti uraian berikut ini.

1.Hindari kebiasaan yang tidak baik

Merokok mungkin termasuk kebiasaan yang tidak baik karena dapat merusak organ tubuh paru-paru dan otak. Begitu pula mengkonsumsi alkohol yang dapat merusak organ tubuh hati dan ginjal. Oleh sebab itu usahakan untuk menghindari kebiasaan yang kurang baik terhadap organ tubuh ini. Apalagi sampai anda kecanduan mengkonsumsi narkotika. Sungguh hal ini sangat kurang baik bagi kesehatan anda


2.Jaga berat badan tubuh

Cara agar tetap sehat selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah menjaga berat badan. Ketika seseorang mempunyai berat badan ideal maka kinerja tubuh akan jauh lebih seimbang. 

Ketika berat badan tubuh berlebih, maka ada banyak sekali kinerja tubuh yang terganggu. Begitu pula sebaliknya, jika berat badan tubuh kurang, maka kinerja tubuh tidak akan berjalan dengan maksimal. Tampilah dengan kondisi berat badan yang ideal. Dengan kondisi seperti itu, anda tidak hanya akan memiliki penampilan yang menarik namun juga baik bagi kesehatan anda.


3.Hindari stres

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Kesehatan tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat. Menjaga agar pikiran tidak setres juga sangat penting. Stres adalah salah satu hal yang dapat merusak kinerja otak. Ketika seseorang sedang stres maka sistem metabolisme tubuhnya akan kacau. Akibatnya otak tidak akan berkerja dengan baik. 

Berbagai macam organ tubuh atau hormon tidak dapat diperintahkan denagn maksimal. Ini juga yang menyebabkan seseorang mudah sekali sakit ketika sedang stres. Gejala ini dikenal dengan istilah psikosomatik.

4.Cukup mengkosumsi minuman

Minuman yang dimaksud disini adalah air putih, susu, atau minuman yang mengandung eletrolisa. Minuman-minuman seperti ini baik untuk dapat mengganti cairan tubuh yang hilang. Dengan cara ini tubuh senantiasa sehat dan tidak mengalami dehidrasi.


5.Istirahat yang cukup

Sehabis menjalankan berbagai macam aktivitas, tentunya Anda akan merasa lelah. Ini adalah saat yang paling baik untuk istirahat. Istirahat yang baik adalah tidur. Dengan istirahat yang baik akan dapat menyegarkan tubuh. Ketika anda bangun, maka tubuh akan terasa segar.  Aktivitas dapat dilakukan kembali dengan baik.

6.Seimbangkan makanan yang dikonsumsi

Tidak semua makanan yang dimakan itu baik untuk tubuh. Kenali makanan yang akan dikonsumsi. Jika Anda penyuka rasa manis, sebaiknya seimbangkan makanan yang mengandung rasa manis tersebut dan tidak terlalu banyak. Tujuannya agar kadar gula dalam darah seimbang. 

Begitupun dengan makanan berlemak. Jika Anda menyukai makanan dengan lemak tinggi. Ada baiknya jika diimbangi dengan olahraga secara teratur agar lemak yang ada dalam tubuh berubah menjadi energi.

7.Berpikir positif

Ini adalah cara lain untuk dapat membuat tubuh menjadi sehat. Otak adalah pusat atau pengendali tubuh. Dengan mensugestikan diri berpikir positif, maka seluruh tubuh akan merespon dengan memaksimalkan kinerja tubuh itu sendiri. 

Jika ada masalah, maka tubuh terutama otak secara langsung akan mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan untuk dapat memecahkan masalah tersebut.

8.Batasi mengkonsumsi garam

Garam memang sangat baik untuk tubuh. Dengan adanya garam, terutama garam beryodium akan membuat kelenjar gondok berfungsi dengan baik. Ketika seseorang kekurangan yodium maka kelenjar ini tidak akan dapat berfungsi dengan baik, dan akan menyebabkan penyakit gondok. 

Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi garam, juga tidak baik untuk kesehatan jantung dan darah karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi atau darah tinggi.

9.Berolahraga seara teratur
Dengan melakukan olahraga secara teratur maka seluruh tubuh akan bergerak secara dinanis. Gerakan-gerakan ini yang dapat memstimulasi tubuh untuk dapat memaksimalkan kinerjanya sendiri. 

Otot-otot akan dipaksa bekerja secara maksimal, begitupun dengan organ tubuh lainnya. Ini adalah salah satu hal yang dapat membuat tubuh menjadi sehat.

10.Refresing
Ini adalah salah satu cara yang dapat membuat tubuh menjadi relaks. Dengan melakukan refresing maka otak akan menstimulasi tubuh untuk dapat bekerja dengan santai. Hal ini pula yang akan membuat tubuh menjadi terasa segar. 

Karena ada kesan santai yang diperintahkan otak, dan membuat tubuh merasa relaks. Melakukan kegiatan ini secara rutin, tentunya akan membuat tubuh merasa bugar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel