Pesawat Sederhana : Keuntungan dan Kerugian Bidang Miring


Pernahkah anda memindahkan sebuah benda dengan cara mengungkitnya atau dengan cara memberikan bantalan roda di bawahnya agar mudah anda pindahkan? Yah... semua yang ada lakukan itu sudah merupakan menggunakan pesawat. Pesawat disini bukanlah pesawat yang bisa terbang, namun jenis pesawat sederhana yang bisa meringankan pekerjaan anda.

Pesawat sederhana merupakan alat sederhana yang digunakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaannya. Jenis pesawat sederhana pun beraneka ragam.
Jenis pesawat sederhana terdiri dari

  1. Tuas
  2. Katrol
  3. Bidang miring
  4. Roda berporos
Kali ini kita akan membahas sekilas seputar dengan bidang miring. 
Alat yang satu ini sudah sering ada gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin anda masih ingat, saat anda memindahkan sebuah benda ketempat yang agak lebih tinggi dari kedudukan semula. 

Misalnya anda akan memindahkan sebuah drum ke sebuah mobil pick up. 
Nah...tentu anda akan menggunakan sebuah papan yang dimiringkan kemudian di taruh sebagai jalan untuk memindahkan drum tersebut. 

Pesawat sederhana bidang miring, tentu memiliki berbagai kemudahan. Namun, ada juga kerugian yang diakaibatkan oleh biang miring tersebut. 

KEUNTUNGAN BIDANG MIRING
Dengan menggunakan bidang miring ada beberapa kemudahan diantaranya, beban yang akan dipindahkan menjadi lebih mudah. Jalan yang berkelok-kelok di perbukitan juga merupakan konsep dari bidang miring. Dengan jalan yang dibuat berkelok-kelok maka kita akan lebih mudah untuk menaiki jalan tersebut. Termasuk kapak yang digunakan untuk membelah atau memotong kayu. Bidang miring pada alat tersebut terletak pada bagian yang tajam.  
Nah.. dengan adanya kapak yang memiliki sisi miring pada bagian tajamnya, anda akan lebih mudah dalam membelah kayu . Bayangkan bila sisinya tersebut tidak demikian, wah anda bisa repot bukan?

KERUGIAN BIDANG MIRING
Bidang miring juga memiliki beberapa kerugian. Seperti misalnya jalan di perbukitan yang berkelok-kelok, dengan jalan seperti itu tentunya jarak yang akan anda tempuh akan sangat jauh. Dengan jauhnya jarak maka energi yang digunakan juga akan sangat banyak. Dan ujung-ujungnya akan membuat pemborosan. 

Jadi semua memberikan kemudahan namun tidak bisa kita lepaskan dari sisi kekurangan dari alat tersebut. Wasalam....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel