Meski Belajar Daring Namun Materi Tetap Mesti Sarat Gizi

 


Opini admin kali ini adalah menyoroti kegiatan. Pembelajaran daring yang sudah dilaksanakan kurang lebih selama satu tahun dimasa pandemi covid-19. Pembelajaran yang mana sebelumnya dilakukan secara tatap muka luring tidak bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya, mengingat kesehatan menjadi prioritas utama. 

Lompatan pembelajaran secara daring ini mengharuskan semua insan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan harus belajar keras tentang dalam media internet. Guru berusaha keras untuk bisa menyesuaikan kondisi pandemi dengan proses pembelajaran. 

Beberapa rekan-rekan guru pun yang masih awam dengan berbagai aplikasi online harus belajar ekstra keras. Alhasil banyak kalangan guru yang kategori sudah lawas mampu mengikuti perkembangan belajar daring seperti sekarang ini. 

Guru mulai terbiasa dengan google form, google kelas, zoom, google meet, google drive, dan berbagai aplikasi onlinen lainnya yang menunjang proses pembelajaran daring.  Mereka pun (guru)  berlomba menyusun video pembelajaran guna memandu siswa belajar daring. Bahkan karena kesibukan, ada diantara kita yang mengambil tayangan video pembelajaran dari youtube. 

Dimana kadang video yang ditampilkan pun kurang bermakna bagi siswa. Pembelajaran hanya menjajali aspek C1  saja. Bahkan ketika ada ulangan kadang segala cara di jalankan untuk memperoleh nilai yang tinggi. 

Masih ada anggapan dikalangan orang tua dan siswa itu sendiri kalau kesuksesan ditentukan oleh nilai. Padahal nilai tersebut hanya alat ukur untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa akan materi pembelajaran.  

Bagaimana pun pembelajaran secara tatap muka tidak ada yang mengalahkan. Karena tugas guru tidak hanya mengajar tetapi juga mendidik. 

Dengan kegiatan daring seperti sekarang ini, guru sedikit kesulitan adalam melaksanakan pengawasan. Kesulitan guru dalam pengawasan pembelajaran siswa di rumah menuntut peran orang tua dan kesadaran siswa untuk bisa belajar secara mandiri dan disiplin tanpa harus diawasi secara langsung.    

Dengan penyadaran tersebut maka proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring, akan memiliki makna bagi siswa. 

Bukan hanya serangkaian tugas yang terkadang dikerjakan oleh orang tua. Para orang tua memang memiliki tanggung jawab yang besar di dalam memastikan hak  anak untuk belajar terpenuhi dengan baik. 

Karena kesibukan beberapa orang tua yang tidak bisa dipungkiri pada masa sekarang ini   membuat pengawasan terhadap anak selama belakar dari rumah sedikit berkurang. 

Dengan kesadaran  dari dalam diri siswa untuk senantiasa mau belajar secara mandiri atau terbimbjng melalui modul dan video pembelajaran sangatlah penting. 

Siswa harus selalu tergerak agar sadar diri bahwa tanggung jawab belajar adalah tugas utama mereka. 

Guru dan orang tua siswa selalu bekerja sama dalam menjalin komunikasi dan rencana bimbingan kepada siswa secara jarak jauh. 

Guru merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi dan orang tua berperan mengawasi. Semoga pembelajaran secara daring dilakukan siswa dari rumah bisa melatih kemandirian dan kerja keras mereka sebagai siswa yang baik. 

Wasalam. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel