Langkah Pembelajaran Materi Bahasa Indonesia Membandingkan Isi Dua Teks

Penjelasan materi bahasa Indonesia membandingkan isi dua teks - Pembelajaran di kelas 5 sekolah dasar, khususnya sekolah yang masih menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) masih menerapkan pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai materi pelajaran yang menyendiri. Sehingga dalam pelaksanaannya, siswa masih dibelajarkan secara mandiri materi tersebut. Berbeda degan sekolah yang menerapkan pembelajaran dengan Kurikulum 2013. Pembelajarannya sudah menggunakan pendekatan Tematik.

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 5 di semester 2 dalam Aspek Membaca 
 Standar Kompetensi : 
7. Memembaca teks dengan sekilas, membaca memindai dan membaca cerita anak.
Kompetensi Dasar
7.1. Membandingkan isi dua teks yang dibaca sekilas.

Langkah Pembelajaran Membandingkan Isi Dua Teks.
Setiap teks mengandung pesan yang akan disampaikan kepada si pembaca. Sehingga apa yang menjadi tujuan dari pembaca bisa dicapai dengan baik. Dalam materi pembelajaran ini, guru bisa menggunakan strategi dengan mencari tulisan-tulisan segar dari berita di koran. 

Berikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dua tulisan yang akan dibandingkan. Kemudian minta kepada siswa untuk menemukan kata-kata sulit. Setelah mereka menemukan kosakata sulit, guru melanjutkan dengan memberikan penjelasan dari kosakata yang tidak diketahui siswa tersebut.

Setelah siswa memahami kosakata yang sulit tersebut, maka siswa akan membaca kembali dua teks tersebut dan berusaha menemukan apa yang diceritakan dalam teks tersebut. Berikan siswa menuliskan informasi yang mereka temukan dari membaca teks. 

Setelah siswa menuliskan informasi yang diperoleh dari membaca teks tersebut, selanjutanya tugaskan mereka untuk membandingkan dan menemukan kesamaan dari teks tersebut. Jadi siswa akan menuliskan persamaan dan perbedaan teks. Langkah berikutnya minta siswa untuk mengemukakan temuan mereka. Berikan penguatan agar siswa semakin yakin dan penuh semangat untuk mengerjakan tugas berikutnya.

Langkah berikutnya siswa akan menarik kesimpulan dari dua teks yang dibaca tersebut. Berikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan hasil simpulan yang mereka buat. Sekali lagi guru harus menerima semua jawaban siswa. Tugas guru adalah untuk memberikan penguatan dan memberikan masukan atas pekerjaan siswa. Dimana letak kelemahan anak, maka disana guru berusaha memperbaiki kekurangan dari siswa. 

Berikut ini akan kami sajikan contoh dua teks dalam pelajaran bahasa yang bisa Bapak/Ibu Guru Kelas jadikan sebagai bahan referensi:

Contoh Teks 1
Kerusakan Jalan di Pematang Batang
Akhir-akhir ini para warga di Desa Pematang Batang mengalami kesulitan di dalam melaksanakan segala aktivitas mereka. Terutama dalam menjalankan aktivitas perekonomian. Wajar saja hal ini terjadi, mengingat akses jalan di desa tersebut sangat jauh dari kata baik. Jalan yang menjadi penghubung mereka ke desa seberang sangat hancur dan sulit untuk dilalui moda transportasi. Hal ini terjadi karena proyek yang sudah direcanakan oleh Pemerintah Kota Nyotnyot tidak berjalan dengan baik. Proyek tersebut mengalami kemandegan. Hal itu disebabkan karena mengalami keterlambatan. Seharusnya semua proyek perbaikan jalan sudah bisa berjalan pada tahun 2015, namun hingga kini masih belum terealisasi.
Contoh Teks 2
Kerusakan Jalan di Desa Bodong Kenyot
Jalan merupakan sarana vital yang dibutuhkan oleh semua warga di seluruh pelusok negeri in. Pun demikian seperti yang dialami warga desa Bodong Kenyot, hingga kini apa yang mereka harapkan belum bisa terwujud. Harapan mereka untuk memperoleh akses jalan raya hanya tinggal mimpi. Hal tersebut terjadi disebabkan karena dana yang digunakan oleh pemerintah tidak mencukupi untuk membiayai kerusakan jalan dari berbagai sekala yang totalnya mencapai 254 km
Dua contoh diatas mungkin bisa Bapak/Ibu Guru Kelas jadikan sebagai pilihan dalam pembelajaran di kelas 5 semester 2. Dari dua teks tersebut dapat diuraikan secara garis besarnya yaitu : 
Teks 1
Pada teks pertama menguraikan tentang sarana transportasi  dimana Jalan di Desa Pematang Batang mengalami kerusakan.
Akses jalan hingga kini belum diperbaiki disebabkan karena dana yang belum direalisasikan untuk perbaikan jalan.

Teks 2
Pada teks kedua juga menjelaskan tentang transportasi dan kerusakan jalan. Hanya saja pada teks yang kedua kerusakan disebabkan karena perbaikan jalan raya di desa Bodong Kenyot dana untuk perbaikannya belum mencukupi. Sehingga perbaikan jalan raya belum bisa dilanjutkan.

Demikian informasi tentang Langkah Pembelajaran Materi Bahasa Indonesia Membandingkan Isi Dua Teks, Bapak/Ibu guru bisa mengembangkan langkah tersebut sesuai dengan kondisi kelas dan siswa Bapak/Ibu. Semoga langkah ini mampu memberikan inspirasi bagi kita semua. Wasalam !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel