Download Aplikasi Pengolahan Nilai Untuk Penilaian KTSP

Download aplikasi pengolahan nilai untuk penilaian KTSP - Tahun pembelajaran 2015/2016 masih ada sekolah yang menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Dalam penilaian KTSP masih mengukur nilai kuantitatif. 

Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan/atau pada akhir pembelajaran. Fokus penilaian pendidikan adalah keberhasilan belajar peserta didik dalam mencapai standar kompetensi yang ditentukan. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa Standar Kompetensi (SK) mata pelajaran yang selanjutnya dijabarkan dalam Kompetensi Dasar (KD). Untuk tingkat satuan pendidikan, kompetensi yang harus dicapai peserta didik adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Selama ini penilaian yang dilakukan oleh guru masih menggunakan alat manual. Tentunya dengan masih menggunakan daftar nilai akan sedikit memperhambat ketika proses perekapan nantinya. Menggunakan sebuah aplikasi pengolahan nilai akan memberikan kemudahan, yang nantinya akan mempercepat proses perumusan laporan pendidikan atau raport siswa.

Kali ini Harian Keguruan akan membagikan sebuah aplikasi yang bisa memberikan kemudahan bagi Bapak/Ibu Guru Kelas di dalam mengolah nilai harian, tugas, PR , UTS dan UAS siswa. Bila anda berminat silahkan klik tautan dibawah ini :

Penilaian hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.Sahih (valid), yakni penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur;
2.Objektif, yakni penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
3.Adil, yakni penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik, dan tidak membedakan latar belakang sosial-ekonomi, budaya, agama, bahasa, suku bangsa, dan jender;
4.Terpadu, yakni penilaian merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran;
5.Terbuka, yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan;
6.Menyeluruh dan berkesinambungan, yakni penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik;
7.Sistematis, yakni penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku;
8.Menggunakan acuan kriteria, yakni penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan;
9.Akuntabel, yakni penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel