LANGKAH PEMBELAJARAN MENGENAL CIRI MAKHLUK HIDUP

Menciptakan pembelajaran yang mennyenangkan sudah merupakan tugas sebagai guru dalam misi menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi siswa. Kegaiatan pembelajaran yang dipandang baik apabila dalam pelaksanaannya mampu mengaktifkan siswa, siswa sanagat antusias dalam belajar dan tidak menunjukkan kebosanan saat belajar dan yang tidak kalah penting lagi yaitu hasil belajar yang mampu seratus persen baik.

Inilah tantangan bagi guru dalam mengajar di kelas. Tidak selamanya apa yang direncananakan oleh guru dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi siswa, kemampuan siswa, sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, kesiapan guru, dan waktu pelaksanaan juga memberikan pengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran yang dirancang guru.

Guru di sekolah dasar merupakan guru kelas. Maka dari itu ia harus mengajar dan mendidik anak-anak sesuai dengan kelas yang ditugaskan. Menjadi guru kelae mengharuskan guru mengajarkan beberapa mata pelajaran, seperti : Bahasa Indonesia, Matematika, PKN, SBK , budi pekerti dan muatan lokal. Cukup banyak bukan tugas yang harus kita emban.

Dengan tugas sebagai guru kelas tersebut menuntut guru kelas untuk mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menantang. Salah satunya adalah pembelajaran tentang ciri-ciri makhluk hidup. Materi pelajaran ini diperuntukkan untuk siswa kelas 3 sekolah dasar. Dalam materi tersebut anak sudah dibelajarkan untuk membedakan makhluk hidup dengan makhluk tak hidup. Adapun jenis kegiatan yang bisa dilakukan oleh guru pada pembelajaran tersebut yaitu dengan :

1. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu "kupu-kupu yang lucu" siswa menyayikan lagu tersebut 1 sampai 2 kali.

2. Siswa diajak untuk bertanya jawab tentang lagu tersebut. Guru dapat mengajukan pertanyaan seperti apa judul lagu yang barusan kita nyayikan? Arahkan siswa hingga memunculkan jawaban kupu-kupu yang lucu. Selanjutnya guru melanjutkan pertanyaan kembali.

3. Siapakah dari kalian yang tahu kupu-kupu. Bagaimana ciri kupu-kupu? Apakah hewan tersebut mencari makanan? Siswa akan menyampaikan apa yang mereka ketahui dengan binatang tersebut. Lanjutkan pertanyaan ke hal yang lebih jauh lagi,

4. Apakah perbedaan atara  anjing dengan meja belajar kalian, atau ayam dengan tas yang kamu bawa. Harapan dari pertanyaa  tersebut siswa akan menyampaikan bagaimana ciri dari makhluk hidup dengan tak hidup.

5. Guru dapat mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang sejenisnya sebagai pengembangan soal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel