Memanfaatkan Benda Disekitar Kelas Menjadi Media Matemtika

Selamat berjumpa kembali Bapak/Ibu guru dimanapun anda sedang online saat ini. Senang sekali atas kunjungan anda ke situs Harian Keguruan, situs informasi dunia pendidkkan. Artikel kami kali ini yaitu tentanng media pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan kelengkapan pembelajaran yang memberikan kemudahan pada guru dan sis2wa. Dengan media pembelajaran, guru akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran. Bagi siswa adanya media pembelajaran akan memudahkan siswa untuk memahami pelajaran. Sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal.

Media pembelajaran di setiap sekolah ada yang lengkap dan tidak sedikit sekolah yang tidak memiliki kelengkapan media pembelajaran. Media pembelajaran bisa dibuat oleh guru dengan menggunakan alat-alat sederhana. Namun, bila tidak memungkinkan guru bisa memanfaatkan beberapa alat dan sarana yang ada di kelas sebagai media pembelajaran.

Pembelajaran matematika di sekolah dasar bisa memanfaatkan benda yang ada di kelas sebagai media belajar, seperti :

1. Sapu lidi atau lidi
Sapu lidi atau lidi bisa dijadikan guru sebagai media belajar untuk membilang. Khusus di kelas rendah (1-3) memanfaatkan media konket untuk belajar membilang sangat dibutuhkan. Dengan adanya benda tersebut sebagai media akan memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran.

2. Papan tulis
Media yang satu ini saya yakin pasti ada di setiap sekolah. Papan tulis bisa digunakan untuk menggambarkan bilangan, himpunan. atau penulisan cara pengerjaan suatu permasalahan.

3. Jam dinding
Benda ini bisa dijadikan guru sebagai media di dalam mengajarkan materi satuan waktu. Materi ini sudah mulai dibelajarkan mulaiwu kelas 4. Menggunakan jam dinding sebagai media akan memberikan pemahaman secara langsung kepada siswa untuk memahami yang disebut detik, menit dan jam.

4. Lantai dan mistar
Benda sekitar kelas lainnya lagi bisa digunakan guru untuk media belajar. Seperti lantai ubin kelas. Bisa digunakan untuk mempelajari luas suatu bidang. Masih banyak lagi jenis benda yang ada di kelas yang bisa kita gunakan sebagai media belajar. Semua itu tergantung kreatifitas anda sebagai guru untuk memanfaatkan fasilitas tersebut

Demikian artikel penidikan kali ini semoga bermanfaat. Salam pendidikan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel