Penting Posisi Yang Benar Ketika Guru Menulis di Papan

Kebanyakan sekolah di Indonesia masih menggunakan papan tulis dalam mengajar di kelas. Entah itu papan tulis hitam (Blackboard) atau sudah menggunakan spidol daalam mengajar dan menggunakan papan tulis putih (Whiteboard) Aktivitas tulis menulis dilakukan guru ketika mengajar mungkin luput dari perhatian anda, terutama bagi guru pemula yaitu adik-adik Mahasiswa yang masih sedang praktek pengalaman lapangan (PPL) 
Perhatikan posisi anda ketika menulis di papan
Saat menulis di papan guru sering kali menulis sambil membelakangi siswa. Dengan posisi seperti itu maka kita tidak akan bisa mengawasi siswa. Mungkin saja saat itu ada siswa yang asik ngobrol, bermain dengan teman sebangku mereka, atau bahkan melakukan hal yang diluar dugaan anda. Posisi tersebut kurang pas dilakukan. 

Kadang ada juga guru yang sambil menulis menjelaskan materi pelajaran. Sikap ini mungkin jarang dirasakan oleh guru dan dianggap sebagai hal biasa. Namun, bila guru tidak merubah kebiasaan tersebut, siswa akan kurang fokus. Sebab anak akan menjadi bingung untuk memfokuskan perhatian mereka, apakah kepada apa yang anda tulis atau terhadap apa yang anda sampaikan.

Posisi yang dianggap paling baik ketika anda mengajar di kelas apalagi dengan jumlah siswa yang banyak dan dengan fasilitas mengajar hanya papan tulis saja, maka anda menulis materi yang akan anda sampaikan semestinya menyamping dan berdiri di bagian kanan atau kiri papan tulis. Jangan berada di tengah dan menulis sambil menjelaskan apa yang akan anda sampaikan. 

Ketika anda menulis tulislah rangkungan dengan singkat dan jelas. Sesekali arahkan pandangan anda kepada siswa. Hentikan aktivitas menulis ketika anda menjelaskan, atau hentikan aktivitas menjelaskan ketika anda menulis. Intinya anda harus memisahkan dua kegiatan tersebut.  Dengan mengarahkan perhatian anda kepada siswa, maka kita akan dapat mengawasi mana anak yang kurang memperhatikan pelajaran sehingga mengurangi kegiatan yang memperhambat kegiatan pembelajaran di kelas.

Dengan posisi yang tepat ketika anda menulis di papan maka kegiatan pembelajaran akan lebih dapat di kontrol sehingga bisa berjalan sesuai dengan apa yang telah anda rencanakan. Menguasai kelas dengan baik harus menjadi perhatian bagi guru. Demikian informasi terkait dengan posisi yang benar ketika guru menulis di papan tulis. Semoga menjadi perhatian kita semua, sehingga pembelajaran yang kita laksanakan dapat berjalan dengan maksimal dan berhasil dengan baik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel