TIPS PERCAYA DIRI UNTUK GURU YANG BARU MULAI MENGAJAR

Selamat berjumpa kembali Bapak/Ibu guru serta adik-adik mahasiswa kependidikan yang sangat haus akan informasi. Terimakasih atas kunjungannya ke situs pendidikan Info Guru Kelas. Bapak/Ibu guru mungkin anda masih ingat pertama kali anda lulus kuliah dan mulai mengajar di sebuah sekolah. Baik yang sudah langsung bisa berstatus negeri maupun bagi yang masih berstatus pengabdian. Semua pengalaman yang pertama pasti ada rasa yang canggung dalam diri kita. Kadang untuk berdiri saja mungkin anda sudah gemetar, apalagi akan menyampaikan materi pelajaran. Ketika sudah tampil di kelas, terkadang juga materi pelajaran yang kita sampaikan seperti on the teks. Belum waktunya selesai untuk mengajar dengan waktu pembelajaran materi yang akan anda sampaikan sudah habis. Alhasil dengan keadaan tersebut anda kehabisan ide dan kadang kelas menjadi vakum. Apalagi materi yang akan disampaikan belum dikuasai dengan baik, wah akan tambah parah bila kondisi ini anda alami.

Sudah hal yang wajar bila anda mengalami seperti apa yang kami sampaikan diatas. Ibaratnya seorang yang masih baru memulai, pasti masih belum mahir. Apalagi, sekolah tempat anda bertugas berada pada lingkungan yang memang jauh dari tempat anda atau wilayah anda. Tentunya akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan hal tersebut agar terbiasa dan ringan dalam mengajar.

Kali sangat memaklumi keadaan guru demikian. Namun, jangan keadaan tersebut menjadikan keprofesionalan anda menjadi berkurang bahkan melemah di hadapan peserta didik anda. Untuk guru yang baru mula mengajar bukanlah hal yang sulit dalam memulainya. Namun, tidak jarang ada guru yang masih demam panggung ketika akan mengajar di sebuah sekolah baru. Untuk mensiasati hal tersebut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai guru pemula di dalam mengajar di sekolah.

Adapun hal yang harus anda persiapkan dan yakinkan dalam diri anda untuk memulai mengajar untuk pertama kalinya.

1. Penampilan yang sopan dan bersih
Memang penampilan bukanlah sesuatu yang utama untuk mengukur diri seseorang. Namun, sebagai guru penampilan merupakan sesuatu yang patut diperhatikan dan dijaga keberadaannya. Penampilan seorang guru akan menjadi contoh untuk anak didiknya di sekolah. Dengan berpenampilan yang bersih dan sopan dan tidak seronok akan memberikan kesan profesional dan kepercayaan diri pada diri anda. Siswa yang melihat penampilan guru yang sopan dan sangat profesional akan lebih memberikan perhatian kepada diri anda. Bila sudah demikian, maka akan mudah bagi anda untuk mengajak mereka belajar bersama, dan membelajarkan mereka.


2. Kuasai Materi Pelajaran dengan Baik
Bila anda ingin membelajarkan siswa ada dengan baik, tentunya anda harus menguasai dengan baik. Mulai dari rincian materi tersebut, metode pembelajarannya, melakukan evaluasi terhadap pembelajaran tersebut nantinya. Penting juga anda harus kuasai kemampuan mengajar, mulai dari cara memberikan penguatan dalam pembelajaran, memberikan umpan balik, melibatkan siswa dalam pembelajaran di kelas. Bila semua sudah anda persiapkan dengan baik, maka tidak ada alasan untuk anda harus merasa demam kelas ketika akan mulai mengajar.

3. Sabar dan lakukan pendekatan dalam pembelajaran.
Menjadi guru menuntut kesabaran yang tinggi dalam diri kita. Jangan sampain karena ulah salah seorang siswa yang jahil anda sampai marah dan melakukan tindakan kekerasan. Tentunya ini harus anda hindari betul, sebab kekerasan yang anda lakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja akan bersinggungan dengan hukum. Bersabarlah menghadapi mereka. Bila kita sudah sabar dan melakukan pendekatan yang lebih manusiawi dan memposisikan mereka sebagai orang tua, teman dan sahabat maka mereka akan lebih mudah untuk anda rubah. Rubah untuk menjadi manusia yang berpendidikan itulah yang kami maksudkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel