Power Point Media Pembelajaran Pesawat Sederhana IPA Kelas 5

Pembelajaran di kelas 5 sangat menarik untuk diajarkan. Sebab dilihat dari segi usia anak kelas 5 sudah mampu untuk melakukan penalaran dan kemampuan berkomunikasi dalam menyampaikan ide. Namun bagaimanapun juga anak sekolah dasar masih berada pada masa operasional konkret dimana dalam setiap konsep baru yang mereka pelajari mesti dibarengi dengan media nyata atau konkret.
Tidak semua konsep kita bisa bawakan media konkretnya. Menggunakan media semi konkret dengan bantuan teknologi komunikasi dan informasi bisa lebih mudah dalam pembelajarannya. Salah satunya adalah menerapkan media dengan bantuan aplikasi power point yang disediakan oleh microsoft.

Pembelajaran pesawat sederhana di kelas 5, bisa kita gunakan alat-alat yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar siswa. Menjelaskan kosep tuas anda bisa menggunakan jungkat-jungkit, kemudia timbangan, gunting, tang, dan palu.

Demikian juga untuk menananmkan konsep katrol. Gunakan media dari KIT IPA. Sayangnya KIT IPA di tiap sekolah sangat terbatas. Guru pun akan sangat kesulitan dalam mengajar bila medianya haya menggunakan KIT tersebut. Kreatifitas guru benar-benar diuji bila berada pada posisi seperti itu.

Menggunakan media dari power point akan memberikan hal yang baru bagi siswa. Dengan kreativitas anda, pembelajaran dengan power poin bisa dilakukan dengan menyenangkan dan penuh dengan kegiatan pembelajaran.

Sajikan gambar yang menarik dalam media tersebut, sisipkan animasi dan audio yang menghibur dan mendidik. Berikan kesempatan kepada siswa untuk bisa berinteraksi langsung dengan media tersebut dengan cara melibatkan mereka untuk menyajikan slide berikutnya dalam presentasi anda. Berikan quis dan tebak-tebakan yang bervariasi. Dengan memberikan kesempatan seperti itu tentu akan menjadikan pembelajaran yang tidak membuat siswa hanya sebagai penonton semata, tetapi bagian yang terlibat secara penuh. Kolaborasi antara media real dan media interaktif melalui komputer akan memberikan suasana belajar yang berbeda bagi siswa sehingga berujung pada kesuksesan pada pembelajaran yang anda laksanakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel