Ciri Guru Kreatif dan Inovatif

Guru merupakan sosok yang selalu tiada habisnya untuk diperbincangkan. Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ia miliki guru memikul tugas dan beban yang sangat berat. Ditangannyalah gambaran masa depan negeri ini terukir nantinya. Guru memegang peranan dalam mengukir masa depan.

Menjadi guru yang profesional adalah tanggung jawab diri para guru tersebut. Guru yang profesional adalah guru yang kreatif dan inovatif. Guru yang kreatif dan invatif merupakan suatu kemampuan guru dalam menciptakan hal sesuatu yang baru, yang mendukung kesuksesan pembelajaran. Sikap kreatif dan inovatif guru tidak muncul begitu saja. Semua itu bisa muncul karena ketekunan dan keinginan untuk belajar. Kebiasaan dan latihan yang teratur akan memberikan ide-ide baru dalam diri seseorang. Orang yang memiliki pengetahuan dan berwawasan cenderung lebih kreatif.


Setiap guru memiliki intensitas kreatifitas yang berbeda. Sekali lagi semua itu bisa terwujud dengan latihan dan kemauan untuk mau terus belajar. Banyak guru yang kadang membukan diri dari kenyamanan yang ada. Mereka lebih asik mengajar walaupun mereka sudah mengetahui ada kekurangan dalam pembelajaran tersebut dan menggunakan lingkungan belajar apa adanya. Muncul rasa cukup dan puas atas apa yang sudah dilakukan selama ini.

Ciri guru yang kreatif dan inovatif tergambar dari kemampuannya dalam melaksanakan tugas, peran dan fungsinya secara profesional. Menurut artikel yang ditulis oleh Ali Ansori, S.S, M.Pd, Widyaiswara LPMP Prov. Kep. Bangka Belitung. Ada 9 ciri yang harus diusahakan dilakukan guru agar ia termasuk guru yang kreatif, yaitu:

1) Mampu mengekspos siswa pada hal-hal yang bisa membantu mereka dalam belajar,
2) Mampu melibatkan mereka dalam segala aktivitas pembelajaran,
3) Mampu memberikan motivasi buat siswa baik secara verbal maupun non verbal,
4) Mampu mengembangkan strategi pembelajaran (penerapan pendekatan, metode, model dan tehnik) dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan karakter materi,
5) Mampu menciptakan pembelajaran yang joyful dan meaningful,
6) Mampu berimprovisasi dalam proses pembelajaran
7) Mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan aplikatif,
8) Mampu membuat dan mengembangkan bahan ajar yang variatif, dan
9) Mampu menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran.

Kreatifitas akan mampu mendatangkan perubahan. Mengubah paradigma lama menuju paradigm baru dalam melakukan pembelajaran adalah sebuah tuntutan bukan tawaran. Eksistensi guru sebagai pendidik itu ada justru karena perubahan itu sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Wasalam!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel