4 Tugas Pokok dan Fungsi Guru di Sekolah ( Tupoksi Guru )

Jasa guru memang tiada taranya untuk negeri ini. Lihat saja diri kita sekarang ini, tanpa beliau mengajari kita akan ilmu pengetahuan, tidak mungkin kita bisa seperti sekarang ini. Bila para prajurit berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara ini, maka guru berjuang untuk mempersiapkan kemampuan generasi penerus untuk mampu dalam mengisi kemerdekaan ini.

Tugas guru bukanlah tugas yang mudah. Bukan pekerjaan yang hanya berbicara di depan kelas menyampaikan ilmu kepada siswanya. Guru juga bertugas mentransformasikan nilai-nilai budi pekerti yang luhur kepada generasi penerus bangsa ini. Sekolah adalah lembaga pendidikan dengan kegiatan inti proses belajar dan mengajar. Proses belajar dilakukan oleh siswa, bahkan oleh guru sendiri. Kedua proses tersebut berlangsung dalam tempat dan waktu bersamaan. Saat guru mengajar namun saat itu pulalah sesungguhnya seorang guru sedang belajar.



Berkaitan dengan pendidikan di lembaga sekolah, ada 3 tugas pokok guru dalam pendidikan. Uraiannnya sebagai berikut:

1.Mengajar.
Dalam pandangan sempit mengajar merupakan kegiatan mentranfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik.  Mentransfer sejumlah ilmu pengetahuan kepada siswa sesuai disiplin ilmu yang diasuh. Sasaran tugas ini adalah aspek kognitif siswa.  Untuk melaksanakan hal ini diperlukan strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai. Disamping itu untuk memaksimalkan kegiatan mengajar guru maka diperlukan juga media pengajaran sebagai bahan yang digunakan guru untuk mengantarkan suatu konsep kepada siswa. Menumbuhkan semangat belajar juga merupakan harapan dari kegiatan mengajar guru. Meningkatkan motivasi belajar siswa bisa dilakukan guru ketika mengajar dengan memberikan penguatan kepada siswa. Penguatan yang diberikan tersebut bisa berupa penguatan verbal maupun non verbal. Penguatan verbal bisa berupa ucapan kamu hebat, bagus, kamu jenius dan lain sebagainya. Penguatan non verbal bisa dilakukan guru dengan memberikan senyuman, acungan jempol dan tepuk tangan ketika siswa berhasil dengan baik mengerjakan apa yang ditugaskan. 

2.Mendidik.
Mendidik termasuk tugas guru yang agak komplit dan rumit. Tugas ini berkaitan dengan sikap dan tingkah laku yang baik. Bagaimana mengubah sikap dan perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Dalam mendidik, guru berupaya menanamkan nilai moral dan budi pekerti kepada siswa agar mereka mampu untuk menjalani kehidupan sesuai norma yang berlaku di masyarakat. Mengajar dan mendidik memang tidak bisa dipisahkan. Namun dalam inti pengembangannya memuat muatan yang berbeda.

Dalam satu kelas diisi oleh siswa dengan berbagai karakter dan tingkah laku. Aneka karakter yang dimiliki oleh siswa akan dikembangkan dan diarahkan kepada karakter dan tingkah laku yang lebih baik.

Mengembangkan karakter dan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik tidak bisa diajarkan melalui doktrin-doktrin. Yang diperlukan adalah suri tauladan dan contoh-contoh yang baik dan nyata dari seorang guru. Konsekuensinya adalah guru perlu berkepribadian yang baik sesuai norma-norma yang berlaku.

3.Melatih.
Tugas guru melatih siswa tidak sama dengan seorang pelatih lainnya. Tugas guru ini sejalan dan bersifat sinergis. Saat mengajar dan mendidik, maka saat itu pula dapat dilaksanakan tugas guru sebagai pelatih. Melatih dengan berbagai kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik.

4. Mengembangkan
Setiap siswa memiliki kemampuan, bakat, minat dan potensi yang berbeda. Sebagai guru kita bukan membentu anak tersebut menjadi seperti apa yang kita inginkan. Galilah potensi siswa dan kembangkan potensi tersebut. Ibaratnya sebuah bahan, anak tersebut sudah memiliki pola seperti apa mereka. Melalui pendidikan dan pengajaran guru mengembangkan hal tersebut. 

Demikian informasi artikel pendidikan tentang Tugas pokok dan fungsi guru di sekolah, semoga ada manfaat bagi kita semua. Wasalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel